Cerita JK soal Menteri Jadi Caleg karena Takut Nganggur

Waki Presiden RI, Jusuf Kalla meninjau venue boling Asian Games 2018
Sumber :
  • Aji YK Putra (Palembang)/ VIVA

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla memaklumi rangkap jabatan menteri di partai politik sebagai hal yang lumrah. Menurutnya, di tahun politik akan mempengaruhi menteri berlatar belakang politikus akan aktif kembali di parpol.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

"Itu karena memang tahun politik ini resmi tidak resmi pasti menteri-menteri yang berasal dari partai itu pasti aktif kembali di partainya," kata JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa, 30 Januari 2018.

JK mengatakan, biasanya ada menteri yang kembali 'nyaleg' jadi anggota DPR karena takut berhenti dari kabinet pemerintahan.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

"Setidaknya malah ada (menteri) yang kembali mencalonkan diri anggota DPR takut nanti berhenti dari kabinet nanti nganggur," ujar JK.

Kemudian, JK mengakui ada waktu yang berkurang dengan aktif kembali di parpol. Namun, ia tak setuju bila rangkap jabatan ini akan mempengaruhi kinerja sebagai menteri.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

"Secara kinerjanya saya kira enggak terlalu karena yang bekerja kan banyak dirjen-dirjen bukan hanya menterinya saja, tapi dia memimpin itu," tutur JK.

Jadwal Pemilu Legislastif 2019 akan digelar pada 17 April 2019. Pileg 2019 ini akan digelar serentak dengan Pemilihan Presiden.

Sidang gugatan sejumlah calon legislatif Partai Gerindra.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Mulan Jameela dan beberapa caleg menggugat Partai Gerindra.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2019