Lihat Gerhana Bulan, Gus Ipul Merasa Kecil

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).
Sumber :
  • VIVA/ Rahmad Noto.

VIVA - Bersama ribuan warga, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengikuti salat gerhana Bulan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Selasa, 31 Januari 2018.

Sekjen NU Sebut Surya Paloh Negarawan karena Terima Hasil Pilpres, Layak Ditiru PKB

Mengenakan pakaian dan sarung putih, Gus Ipul tiba di Masjid Al Akbar tepat pukul 19.30 WIB dan langsung menuju sebuah teropong yang telah disediakan Lembaga Fallakiyah PWNU Jawa Timur.

"Alhamdulillah kita bisa menyaksikan fenomena ini. Ini adalah kebesaran Allah yang harus kita syukuri," kata Gus Ipul usai menyaksikan fenomena gerhana bulan.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Menurut Gus Ipul, melihat gerhana Bulan juga merupakan fenomena alam yang menunjukkan betapa besarnya anugerah di alam ini.

"Gerhana Bulan dibarengi salat gerhana, kita rukuk dua kali menunjukkan betapa kita ini kecil dan harus mengagungkan Allah," ujar Gus Ipul.

Bela Gus Ipul, Panglima Santri NU Sindir Cak Imin: Selesai Hajatan, Lapor PBNU Minta Petunjuk

Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menceritakan pengalamannya melihat keindahan gerhana Bulan dengan menggunakan teropong yang ada di halaman Masjid Al Akbar.

"Gerhana malam ini sungguh indah. Ini tentu mendorong dan memotivasi bertambahnya keimanan kita. Ketundukan kita pada Allah juga bertambah," ujarnya.

Sementara itu, ribuan warga menikmati fenomena gerhana Bulan kali ini dari halaman masjid Al Akbar Surabaya. Sesaat setelah salat Magrib, ribuan warga berduyun-duyun ke Masjid Al Akbar.

Mereka mendapatkan kesempatan satu per satu menyaksikan keindahan gerhana Bulan melalui sebuah teropong. Usai menikmati keindahan gerhana, warga lantas masuk ke dalam masjid untuk mengikuti Salat Gerhana.

Bertindak sebagai Imam salat gerhana adalah KH Abdul Hamid Abdullah yang merupakan Imam besar masjid Al Akbar; kemudian khotib adalah Abd Salam Nawawi yang merupakan pakar ilmu falaki UIN Sunan Ampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya