Jokowi Didemo Mahasiswa UI, Fahri Hamzah: Itu Ekspresi

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ikut menanggapi mahasiswa Universitas Indonesia yang menggelar unjuk rasa pada Presiden Joko Widodo yang menghadiri dies natalis ke-68 Universitas Indonesia. Fahri heran dengan ada mahasiswa yang diamankan Paspamres saat unjuk rasa.

Buruh dan Mahasiswa Demo Tolak Kenaikan BBM

"Itu katanya ketua BEM-nya mengangkat kartu kuning di ruang pertemuan, dan dibawa keluar oleh paspampres, saya bilang itu ekspresi mahasiswa harusnya Pak Jokowi itu, siapa ini? BEM. Bagaimana boleh kita ngomong, ayo apa kritik Anda kepada pemerintah saya ingin mendengar," kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Jumat 2 Februari 2018.

Menurutnya, seorang presiden harus bisa terbuka. Tak boleh membawa feodalisme dan kekuasaan di dalam kampus. Sebab, di situ tempat berpikir dan orang menyatakan pendapatnya secara bebas.

Polda: Tidak Ada Demontrasi Mahasiswa di Babel

"Nah itu yang sangat saya sesalkan nuansanya birokrasi. Saya kritik. Juga pihak rektorat UI kok terlalu birokratis gitu caranya, itu mimbar akademik," lanjut Fahri yang juga alumni Universitas Indonesia tersebut.

Kemudian, ia juga heran alasan Jokowi yang masuk ke UI dengan membawa banyak tentara dan polisi. Hal ini seharusnya tak dilakukan Jokowi. Seharusnya, kata dia, kalau memang Jokowi tak berani didemo maka tak perlu masuk kampus.

Polisi Razia Massa Demonstran 11 April di Perbatasan Depok

"Memalukan. Enggak boleh gitu dong. Itu tempat orang berpikir ngapain bawa-bawa begitu? Itu pelanggaran kebebasan akademik. Kalau enggak berani didemo nggak usah masuk kampus dong. Hawa kita bernapas engga ada," kata Fahri.

Ia menceritakan pada periode Soeharto, tentara yang masuk akan dikejar. Sehingga seharusnya jangan dilakukan untuk ketemu mahasiswa harus membawa tentara.

"Itu kampus enggak boleh ada senjata. Abad apa ini? Kampus itu datang dengan sistem pengamanan minimal, yang melekat saja kepada presiden," kata Fahri.

Aksi unjuk rasa yang berujung kericuhan terjadi di kompleks kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat, pada Jumat, 2 Februari 2018.

Foto: Aksi unjuk rasa saat kedatangan Presiden Jokowi. VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

Sebelumnya, aksi unjuk rasa yang berujung kericuhan terjadi di kompleks kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat. Berdasarkan informasi dihimpun VIVA, kericuhan terjadi ketika sejumlah mahasiswa UI menggelar aksi unjuk rasa ketika Presiden datang.

Mereka membentangkan spanduk berisi kecaman dan orasi. Aparat yang melihat hal itu langsung bertindak tegas hingga para mahasiswa dan polisi saling dorong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya