KPU Tetapkan Dana Kampanye Pilkada Jabar Rp473 Miliar

Komisioner KPU Jabar Agus Rustandi
Sumber :

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, menetapkan dana kampanye yang wajib digunakan masing-masing pasangan calon wakil dan wakil gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, sebesar Rp473 miliar.

Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

Dana kampanye itu dialokasikan untuk biaya kebutuhan operasional rapat umum, pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, pembuatan bahan kampanye, jasa manajemen konsultan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye, alat peraga kampanye dan pembuatan bahan kampanye.

"Sudah (disepakati Rp473 miliar), tidak akan berubah Insya Allah. Keputusan ini, keputusan teknis akan kita tuangkan dan diterbitkan dua hari ke depan," kata Komisioner KPU Jawa Barat, Agus Rustandi di Kota Bandung, Senin 5 Februari 2018.

Nasdem Jagokan Sahrul Gunawan untuk Menangkan Pilkada 2020

Agus menjelaskan, biaya paling tinggi untuk kampanye saat ini berada pada alokasi pengadaan bahan kampanye yang mencapai Rp461 miliar pada bahan kampanye yang dibuat oleh masing-masing pasangan calon. "Pembuatan bahan kampanye itu sebesar Rp461 miliar, ada sembilan item mulai dari pakaian, penutup kepala, payung dan lain-lain," katanya.

Menurut Agus, keputusan final penetapan dana kampanye telah diterima oleh semua tim kampanye empat bakal pasangan calon.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

"Sebetulnya kalau kebesaran atau tidak kebesaran, persepsinya ada di mereka. Tadi setelah didiskusikan, menurut mereka cukup rasional dengan jumlah pemilih dan wilayah Jawa Barat yang cukup luas," katanya.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Iwan Bule

'Akan Istikharah', Kode Keras Iwan Bule Siap Maju di Pilkada Jabar

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menunjukkan isyarat atau kode keras untuk maju dan berkompetisi dalam pilkada Jawa Barat pada tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2022