Survei: Edy Rahmayadi Ungguli Djarot di Pilkada Sumut

Pasangan calon Edy Rahmayadi (kanan) dan Musa Rajeckshah (kiri).
Sumber :
  • ANTARA Foto/Irsan Mulyadi

VIVA – Survei terbaru yang dilakukan lembaga survei Media Survei Nasional (Median) terhadap pemilihan kepala daerah Provinsi Sumatera Utara, menempatkan elektabilitas pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah atau Ijek pada peringkat pertama dengan persentase 33,1 persen. 

Diberi Mandat Golkar Maju di Pilgub Sumut, Bobby Nasution Belum Ketemu Ijeck

Pada posisi kedua, pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dengan tingkat elektabilitas 19,2 persen, sedangkan pasangan JR Saragih-Ance Selian di urutan terbawah dengan elektabilitas 10,5 persen. Sedangkan, responden yang belum menentukan pilihan sebesar 37,2 persen.

"Kami menanyakan kepada para responden, terkait siapakah yang akan dipilih sebagai gubernur dan wakil gubernur jika Pilkada digelar hari ini?" kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun dalam keterangannya, Selasa 6 Februari 2018.

Prabowo Dukung Bobby Nasution Maju di Pilgub Sumut: Kita Butuh Jagoan!

Menurut Rico, dari sisi ketokohan, survei juga menemukan popularitas ketiga calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara itu. Edy Rahmayadi masih teratas dari segi popularitas. Sedangkan untuk figur calon wakil gubernur, Musa Rajekshah menempati urutan pertama.

“Ketika kami tanyakan, apakah anda mendengar nama-nama tokoh ini, sambil menyebutkan nama calon gubernur dan calon wakil gubernur. Edy Rahmayadi menempati peringkat pertama dengan popularitas 74,5 persen, diikuti Djarot saiful Hidayat 72,1 persen, JR. Saragih 59,8 persen, Musa Rajeckshah 35,5 persen, Sihar Sitorus 16,9 persen, dan Ance Selian 7,0 persen," jelasnya.
 
Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 16-25 Januari 2018 mengambil sampel sebanyak 1.200 warga Sumatera Utara yang telah memiliki hak pilih, melalui teknik multistage random sampling. Dengan margin of error sebesar 3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dan quality control 20 persen dari sampel yang ada.

Panas! Edy Rahmayadi Tanggapi Wagub Ijeck: Biarkan Aja, Anak Kecil Minta Beli Bonbon
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang juga cawapres terpilih

Gibran soal Bobby Nasution Diblacklist PDIP di Pilkada Sumut: Tenang Aja

Cawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka ikut buka suara terkait keputusan PDIP yang menutup pintu rapat untuk adik iparnya, Bobby Nasution di Pilkada Sumut 2024

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024