Ingin Lebih Transparan DPR Bikin Aplikasi Zaman Now

Ketua DPR Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo ingin agar lembaga legislatif yang kini dipimpinnya selalu menjadi rumah pengaduan bagi rakyat. Karena itu, DPR harus memiliki sistem aplikasi yang memudahkan masyarakat 'zaman now' menyampaikan aspirasi pengaduan kepada para wakilnya di DPR. 

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

Hal tersebutlah yang mendasari DPR untuk meluncurkan aplikasi “DPR Dalam Genggaman Rakyat”.

Menurutnya, dengan aplikasi ini, semakin memudahkan masyarakat untuk memantau kinerja DPR. Selain itu, bisa juga bagi masyarakat untuk melayangkan pengaduan dan aspirasi ke parlemen. 

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

"Jadi, untuk mengetahui pengaduan yang disampaikan masyarakat, mereka tidak perlu lagi datang ke DPR. Cukup dengan mengklik layar komputer atau handphone mereka sudah mengetahui sampai mana proses pengaduan mereka," ujar Bambang Soesatyo, dalam siaran persnya, Kamis, 8 Februari 2018.

Aplikasi ini, menurut Bamsoet, mudah dioperasikan layaknya meng-update status di media soaial. Dia pun berharap dukungan masyarakat dalam acara launching aplikasi tersebut.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

"DPR RI tak akan lelah memperbaiki diri. Kami juga akan terus mengikuti perkembangan zaman. Melalui sistem aplikasi yang nanti akan diluncurkan dan bisa di-download di hanphone, saya berharap DPR RI akan semakin dekat dengan masyarakat. Melalui aplikasi ini, kami ingin rakyat merasakan kehadiran DPR RI dalam kehidupan mereka (rakyat)," jelasnya. 

Pekan depan, aplikasi ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Peluncuran aplikasi ini rencananya akan dilakukan pekan depan sebelum penutupan masa sidang. (ase)

Pengamanan Demo di KPU dan Bawaslu

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Ribuan personel dikerahkan untuk mengawal jalannya rekapitulasi suara tingkat nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) hari ini Rabu, 20 Maret

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024