Gede Pasek Siap Gantikan OSO Jadi Wakil Ketua MPR

Gede Pasek Suardika.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA – Anggota DPD, Gede Pasek Suardika, menyatakan kesiapannya maju sebagai calon wakil ketua MPR menggantikan Oesman Sapta Odang atau Oso yang ingin mundur dari jabatan tersebut. Oso merupakan wakil ketua MPR dari unsur DPD.

Ruang Fraksi Hanura DPRD Batam Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Namun, Gede menyerahkan sepenuhnya pada para rekan senator di DPD. "Pokoknya nanti tergantung anggota. Kan bisa saja. Kalau saya maju ya siap. Kalau enggak juga enggak apa-apa," kata Pasek saat dihubungi, Kamis 8 Februari 2018.

Gede juga menyebut sejumlah nama lain yang dianggap berpotensi dan layak menggantikan Oso. Beberapa nama muncul seperti Ahmad Muqowam dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Songsong Pemilu 2024, Oso Minta Kader Hanura Aktif Rangkul Rakyat

"Mungkin siapa lagi, kan semua punya hak sama. Tapi tetap sinyal Pak Oso punya pengaruh signifikan untuk pemilihan nanti. Karena polanya pasti pemilihan," lanjut Pasek.

Terkait soal kedekatannya dengan Oso, ia menjawab diplomatis. Kata dia, semua senator dekat dengan semua anggota DPD. Maka, nantinya calon yang akan dipilih disesuaikan dengan kebutuhan DPD.

Eks Politikus Hanura Siap Ikhtiar Bawa NasDem Jaya di Pemilu 2024

"Biar teman-teman masing-masing berpikir siapa yang paling pas," kata Pasek.

Ia menambahkan mekanisme pemilihan pengganti Oso nantinya akan diserahkan pada DPD. Nantinya fraksi-fraksi baru menerima siapapun yang diusulkan DPD.

"Kalau partai punya partainya menentukan siapa. Kalau DPD kan susah karena enggak ada pimpinan. Semua sama. Nanti polanya pemilihan kan. Ya nanti kita lihatlah siapa," kata Pasek.

Seperti diketahui, sejak 4 April 2017, Oso terpilih menjadi Ketua DPD. Namun, ia masih menjabat sebagai Wakil Ketua MPR. Rangkap jabatan ini yang menuai kritikan dari berbagai pihak. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya