PDIP Ungkap Tiga Kader yang Berpeluang Jadi Pimpinan DPR

ilustrasi Sekolah Partai Calon Kepala Daerah PDIP
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut sudah mengantongi nama-nama anggota fraksi yang akan mengisi posisi wakil ketua DPR. Setidaknya ada tiga nama yang sudah dipertimbangkan.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto mengatakan, Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto berpeluang menjadi pimpinan DPR. Selain Utut, ada juga nama Trimedya Panjaitan.

"Pak Utut ketua fraksi kami, ada yang lain, kami anggap ukuran senioritas, track record, itu mister Trimedya Panjaitan," kata Bambang di gedung DPR, Jakarta, Kamis 8 Februari 2018.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Ia mengatakan, selain tokoh senior, Trimedya juga sering memimpin Komisi III yang membidangi masalah hukum. Kemudian, ada nama Wakil Sekretaris Jenderal PDIP, Eriko Sotarduga yang juga berpeluang mengisi kursi tersebut.

Bagi dia, wakil ketua DPR harus merupakan sosok yang harus bisa mengambil keputusan penting. Untuk nama Eriko ini, dinilai yang tepat karena merupakan salah satu kader yang dekat dengan Megawati.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

"Dia sudah berputar di sekeliling DPP dan itu berada di dekat ibu ketua umum yang sering ambil keputusan-keputusan penting. Dia tahu bagaimana ambil keputusan penting. Kan jadi pimpinan DPR harus pintar ambil keputusan. Pak Eriko jagonya karena dia belajar dari ring satu," lanjut Bambang.

Terkait kriteria yang layak untuk figur pimpinan DPR, ia menyerahkannya kepada ketua umum. Tapi, ia menilai pengalaman juga perlu menjadi kriteria.

"Jadi ukuran track record di politik menjadi sangat penting, karena rekam jejak akan memunculkan integritas, kapasitas, dan leadership orang tersebut. Akan muncul itu," kata Bambang.

Ia yakin Megawati sudah mengantongi nama-nama calon wakil ketua DPR dan akan memilih salah satunya.

"Ibu ketum sudah paham betul kelakuan anak-anaknya. Sudah ngerti. Hanya sering enggak ngomong saja," kata Bambang.   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya