Ganjar dan Sudirman Said Tak Hadir saat Penetapan Paslon

Penetapan paslon Cagub dan Cawagub oleh KPU Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA –  Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah tak hadir dalam penetapan pasangan calon dalam Pilgub Jateng oleh Komisi Pemilihan Umum setempat. Keduanya adalah pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said-Ida Fauziah.

Heru Budi Ungguli Ridwan Kamil dan Gibran jika Diusung Jadi Cagub DKI, Menurut Survei NSN

Meski tak dihadiri oleh kedua paslon, KPU tetap mengumumkan mereka sebagai kandidat yang resmi akan bertarung pada Pilgub 27 Juni 2018 mendatang. Penetapan paslon diwakili oleh tim sukses masing-masing.

"Kedua pasangan calon hari ini telah resmi ditetapkan. Keduanya memiliki hak, kewajiban, dan larangan yang sama. Seperti hak untuk berkampanye, kewajiban mematuhi perundangan kampanye, serta larangan melanggar undang-undang," kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, Senin, 12 Februari 2018.

Dijagokan Golkar Solo Jadi Cagub Jateng, Begini Respons Gibran

Usai ditetapkan, kedua paslon akan segera melakukan prosesi pengambilan nomor urut. Pengambilan nomor urut ini akan dilaksanakan pada Selasa, 13 Februari 2018 pukul 19.00 WIB.

"Acara pengambilan nomor urut tersebut rencananya akan dihadiri Kapolda Jateng yang sekaligus akan menyampaikan mengenai komitmen Pilgub Damai. Kita semua bertekad menyelenggarakan pilkada yang damai, aman, dan menyenangkan," ujarnya.

Usung Gibran di Pilkada Jateng 2024, Golkar Solo: Kemampuan Beliau Luar Biasa

Pengunduran diri

Usai ditetapkan sebagai calon resmi, namun Joko membeberkan bahwa dua calon wakil gubernur Taj Yasin Maimoen dan Ida Fauziah masih belum menuntaskan pengunduran dirinya dari anggota legislatif.

Taj Yasin diketahui merupakan calon gubernur yang masih menjabat sebagai anggota Komisi E DPRD Jateng dari Fraksi PPP. Sedangkan Ida Fauziah merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB.

"Surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD, ditambah tanda terima dan surat keterangan dari Sekjen DPR dan DPRD Jateng ditunggu sampai 16 Februari," katanya.

Pengajuan surat pengunduran diri keduanya, lanjut Joko, bisa diurus setelah pengambilan nomor urut paslon Selasa besok.

Untuk masa kampanye akan dimulai pada 15 Februari 2018. Kedua paslon akan melakukan deklarasi kampanye damai pada 18 Februari 2018. Dalam kampanye damai tersebut, pasangan calon akan dihadirkan di acara car free day dan jalan bersama di jalan protokol di Kota Semarang.

Sementara, Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro menegaskan bersama partai koalisi PKS, PAN, dan PKB siap menaati aturan yang ditetapkan KPU. "Mari kita jaga iklim kondusif dan demokrasi yang sehat di Jawa Tengah. Kami siap kerja cerdas memenangkan Sudirman Said-Ida Fauziah," ungkapnya.

Abdul Syukur, Anggota DPW PPP Jateng mengaku sudah menerbitkan PAW untuk mengganti posisi Yasin sebagai anggota DPRD Jateng. Untuk surat pengunduran dirinya sedang diproses. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya