Tak Lolos Pemilu, PKPI Tetap Dukung Jokowi Capres 2019

Partai Hendropriyono, PKPI dukung Jokowi Presiden
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA - Bersama dengan Golkar, Nasdem, PPP dan Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia termasuk partai yang sudah mendeklarasikan untuk mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 nanti.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

Namun, dari hasil verifikasi partai politik oleh KPU, partai yang dipimpin mantan Kepala BIN A.M Hendropriyono itu, dinyatakan tidak lolos. Satu partai lagi adalah Partai Bulan Bintang.

Keputusan KPU itu, diklaim tidak mengganggu keputusan PKPI untuk tetap mengusung Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

"Sudah dan akan sampaikan ke kader-kader pendukung di daerah, kita akan tetap konsisten (mengusung Jokowi sebagai Capres 2019-2024)," kata Sekjen PKPI, Imam Anshori Saleh, saat dihubungi VIVA, Minggu, 18 Februari 2018.

Pengurus dan kader-kader di daerah, menurut Imam, tetap kompak dengan keputusan yang sudah dibuat tersebut. Walau tidak lolos dan kini sedang mengajukan gugatan ke Bawaslu, Imam tetap optimis PKPI bisa berbuat banyak.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

Apalagi pihaknya optimis bisa menang di Bawaslu dan lolos di pemilu nanti. Dalam sepekan ini, menurutnya, partai akan konsentrasi memenangkan gugatan di Bawaslu. Tetapi tetap tidak akan berpengaruh besar, atas pencalonan kembali Jokowi itu.

"Saya kira pengaruhnya enggak besar. Kita tetap karena konsisten dengan apa yang sudah didekalarasikan," katanya.

Sebelumnya, di kantor DPP PKPI, Ketua Umum A.M Hendropriyono mendeklarasikan partainya itu untuk mengusung kembali Jokowi menjadi Presiden RI di periode keduanya. Pada 2014, PKPI juga mendukung mantan gubernur DKI itu.

"Hari ini, Senin 12 Juni 2017, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menyatakan dukungannya kepada Ir Joko Widodo, untuk maju sebagai calon Presiden pada Pemilihan Presiden RI tahun 2019 yang akan datang," ujar A.M Hendropriyono dalam acara deklarasi dukungan PKPI untuk Jokowi sebagai Presiden 2019-2024 di Kantor DPP PKPI, Jakarta, Senin, 12 Juni 2017, lalu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya