Survei: Rizieq Kalahkan Surya Paloh dan Zulkifli Hasan

Muhammad Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Lembaga survei Alvara Reserch Center merilis hasil survei terbarunya dengan memasukkan nama Muhammad Rizieq Shihab, Imam Besar Front Pembela Islam, sebagai salah satu tokoh calon presiden. Nama Rizieq dimasukkan berdasarkan aspirasi responden.

Istri Habib Rizieq Shihab Meninggal Dunia, Ini Profil Syarifah Fadhlun Yahya

Hasil survei itu menunjukkan, elektabilitas Rizieq mengungguli Wiranto dan Surya Paloh, masing-masing adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan serta ketua umum Partai Nasdem. Namun angka persentasenya masih di bawah 1 persen.

"Dari sisi top of mind, Jokowi dan Prabowo masih paling tinggi. Yang lain masih rendah," kata CEO Alvara Reserch Center, Hasanuddin Ali, dalam pemaparan hasil survei itu di Jakarta pada Jumat, 23 Februari 2018.

Anies-Cak Imin Bertemu Rizieq Shihab, Hotman Paris Diadukan ke Polisi oleh Remaja Perempuan

Survei top of mind menunjukkan Joko Widodo memperoleh dukungan 56,4 persen, Prabowo Subianto 29,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,6 persen, Gatot Nurmantyo 1,5 persen, Harry Tanoesoedibjo 1,3 persen, Muhaimin Iskandar 1,2 persen, dan Jusuf Kalla 1,0 persen.

Selanjutnya muncul nama Ridwan Kamil dengan 0,9 persen, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) 0,7 persen, Rizieq Shihab 0,5 persen, Wiranto 0,5 persen, Surya Paloh 0,4 persen, Zainul Madji (Tuan Guru Bajang) 0,4 persen, dan Zulkifli Hasan 0,2 persen.

Tomy Winata, Pengusaha Sukses yang Disemprot Habib Rizieq Shihab

Berdasarkan survei itu, kata Hasanuddin, Jokowi dicitrakan sebagai tokoh yang dekat dengan rakyat, jujur dan peduli dengan rakyat. Prabowo dicitrakan sebagai tokoh berjiwa pemimpin. Muhaimin Iskandar dicitrakan sebagai tokoh Islam dan Agus Harimurti Yudhoyono dicitrakan sebagai tokoh muda.

Riset dilakukan pada 17 Januari-7 Februri 2018 dengan 2.203 responden dan pendekatan kualitatif serta multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara langsung dan kuisioner dengan margin of eror 2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Habib Rizieq Shihab

Omongan Adem Habib Rizieq ke Ibu-ibu soal Capres: Gak Boleh Maksa dan Kafirkan Orang

Pada baru-baru ini, Habib Rizieq Shihab memberikan ceramah yang tak hanya membahas agama tetapi juga menyinggung soal Pilpres 2024 di Majelis Markaz Syariah Petamburan.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024