Anies Baswedan Jadi Cawapres dalam Pilpres 2019?

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengatakan tak bisa memastikan soal kemungkinan Anies Baswedan untuk dijadikan calon presiden atau calon wakil presiden. Ia hanya memastikan Gerindra tak bisa mengusung sendirian calon presiden.

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

"Ya kami kan di Gerindra itu tidak bisa mengusung sendiri dan tidak ada satupun partai yang bisa mengusung sendiri, karena itu untuk mengusung capres-cawapres pasti harus disetujui oleh calon-calon mitra koalisi. Jadi tidak bisa kami mengambil keputusan sendiri," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 26 Februari 2018.

Ia mengatakan apa pun yang diputuskan nanti yang akan dibawa sebagai sebuah paket menghadapi Pilpres 2019. Ia mencontohkan nantinya ada calon dari PKS dan PAN juga atau partai lain. Nama-nama itu harus diputuskan bersama.

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

"Ya dalam politik ya saya kira yang namanya kemungkinan kan bisa saja (jadi kuda hitam pilpres). Tapi kita lihat kan rasionalitas," kata Fadli.

Ia menjelaskan dalam mencalonkan presiden harus memenuhi syarat ambang batas presiden 20 persen. Sejauh ini yang masih memimpin survei hanya Jokowi dan Prabowo.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

"Sejauh ini ada yang leading dari semua survei hanya ada Pak Jokowi dan Pak Prabowo ya, untuk calon presiden. Yang lain saya kira portofolio calon wakil presiden," kata Fadli.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan nanti akan kembali membahas soal peluang Anies Baswedan yang akan kembali maju di Pilkada Jakarta tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024