Akbar Tanjung Nilai JK Sulit Maju Lagi di Pilpres 2019

Akbar Tanjung.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Politikus senior Golkar Akbar Tanjung menilai peluang Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk maju kembali di Pemilihan Presiden 2019 bakal sulit. Menurutnya, JK bakal terganjal undang-undang karena masa jabatan.

Gerindra Pepet Putri Akbar Tanjung Demi Menangkan Capres Prabowo di Solo

"Dengan demikian, kita bisa simpulkan bahwa memang kelihatannya tak mungkin," kata Akbar di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu malam, 28 Februari 2018.

Namun, kata Akbar, sebetulnya dua hari lalu, JK pernah mengutarakan kesediaannya kembali berkontestasi di Pilpres 2019. Namun, kesediaan JK ini dengan beberapa syarat seperti bila maju perlu dukungan rakyat dan kader Golkar serta tak melanggar konstitusi.

Putri Akbar Tanjung Kandidat Terkuat Ketua Partai Golkar Solo

"Dengan catatan (JK maju) bisa mendapat dukungan dari masyarakat, dari publik dan kepentingan negara," lanjutnya.

Akbar menekankan, Golkar tetap berpeluang mengajukan kader sebagai pendamping Jokowi di Pilpres. Sebagai partai dengan jumlah kursi urutan kedua di parlemen, keinginan itu dengan mendorong Airlangga Hartarto yang notabene adalah ketua umum.

Cerita Yusril Ihza Mahendra Dimarahi, Dibentak hingga Diusir Presiden Habibie

Baca: JK Terhalang Aturan untuk Kembali Jadi Cawapres

Namun, aspirasi itu tetap mempertimbangkan situasi politik dan komunikasi antarpartai pendukung yang sudah menyatakan Jokowi sebagai calon presiden 2019-2024.

"Kalau ketua umum partai tentu memiliki peluang karena dia merupakan tokoh dan posisi tertinggi di dalam partai," kata Akbar yang juga Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar tersebut. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya