Mandat Prabowo, Sandi All Out Menangkan Sudirman Said

Sandiaga di di Sekretariat Bersama Relawan Sudirman Said - Ida Fauziyah.
Sumber :
  • Dwi Royanto

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan akan all out memenangkan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said dan Ida Fauziah. Komitmen itu sesuai dengan perintah langsung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

"Saya dapat surat tugas dari Pak Prabowo  untuk turun langsung, dan menjalankan tugas dari beliau memenangkan Pak Sudirman dan Bu Ida, " kata Sandi di Sekretariat Bersama Relawan Pemenangan Sudirman Said - Ida Fauziah Kota Semarang, Minggu, 4 Maret 2018.

Sandiaga di  di Sekretariat Bersama Relawan Sudirman Said - Ida Fauziyah.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Upaya pemenangan itu, lanjut Sandi, akan dilakukan sesering mungkin mengingat dirinya sudah mengantongi izin cuti dari Kemendagri. Dalam kampanye di sejumlah daerah nanti, dirinya berkomitmen akan membawa OK OCE serta rumah DP 0 rupiah yang akan juga diterapkan Sudirman-Ida.

Menurutnya, dua program yang juga diterapkannya di DKI itu sangat efektif untuk menekan angka kemiskinan dan percepatan pembangunan.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Program OK OCE yang diadaptasi akan kami bantu merealisasikannya. Minggu-minggu kedepan saya akan turun di Jateng. Karena Jateng ada 64.000 TPS," katanya.

Secara pribadi, Sandi menilai takjub dengan Sudirman Said yang kini memutuskan turun di Jawa Tengah. Ia menganggap komitmen dan integritas mantan Menteri ESDM itu tak perlu lagi disangsikan lagi.

"Level beliau ini sudah internasional. Saya yakin dengan kapasitas pak Dirman akan mampu melakukan percepatan pembangunan di Jawa Tengah dengan fokus utama memastikan biaya hidup dan harga kebutuhan bisa dijangkau kalangan menengah ke bawah," katanya.

Baca juga:

Sudirman Said Soroti Pemecatan Dua Siswa SMA di Semarang

Di hadapan relawan dia mengatakan bahwa Pak Dirman merupakan salah satu tokoh panutan dan fenomenal saat berada di kabinet, saat itu Sandi masih menjadi pengusaha.  

"Saya berkeyakinan kalau Pak Dirman berada di kabinet, sosok yang bersih Insya Allah bangsa ini akan maju, lebih baik lagi," katanya.

Sementara Sudirman Said mengatakan bahwa kehadiran Sandi memberi semangat yang sangat berarti bagi perjuangannya bersama Ida Fauziah.

"Beliau berbagi pengalaman berkompetisi dan pengalaman memimpin DKI Jakarta dengan sehat," katanya.

Terkait kerjasama dengan DKI melalui program OKE OCE, Sudirman Said akan yakin mampu menekan kemiskinan yang kini masih sangat tinggi dan jauh tertinggal dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Kita optimis angka kemiskinan di Jateng yang kini 13 persen lebih akan menjadi 6 persen dalam waktu 5 tahun," katanya.

Rumah Perjuangan Pak Dirman

Sudirman Said secara resmi mulai tinggal di Kota Semarang. Pria yang berpasangan dengan Ida Fauziah itu menempati rumah sederhana dengan fasilitas dua kamar dan dua kamar mandi.

Rumah kontrakan mantan Menteri ESDM itu berada di kawasan Bukit Semarang Baru Mijen, tepatnyan di Cluster Beranda Bali RT 4 RW 4. Luas bangunan yang ditempati Sudirman dan keluarganya hanya seluas 145 meter per segi dengan fasilitas seadanya.

Rumah perjuangan Sudirman Said di Cluster Beranda Bali, Kota Semarang, Jateng.

"Memang begini keadaannya, sederhana. Yang penting nyaman buat tempat istirahat di sela-sela menjalani masa kampanye," kata Sudirman saat mamasuki rumah kontrakan untuk kali pertama, Minggu, 4 Maret 2018.

Acara ngesup-supi omah, dalam istilah Jawa, di rumah kontrakan Sudirman itu juga dilakukan dengan cukup sederhana, berupa tumpengan dan doa bersama dengan pembacaan yasin dan tahlil. Selain dihadiri Sudirman beserta isterinya dan dua anaknya, hadir juga sejumlah tim relawan serta warga sekitar.

Pak Dirman mengatakan, bahwa rumah yang dia sebut sebagai rumah perjuangan nantinya akan menjadi tempat kumpul tim dan para relawan.

"Karena pasti saya dan ibu akan jarang di sini karena harus turun ke masyarakat Jawa Tengah," katanya.

Pria berkaca mata itu mengaku tidak mengeluarkan biaya besar untuk mengontrak rumah itu. Meskipun selama ini kawasan BSB dikenal sebagai kawasan elit di Kota Semarang.

"Saya menghubungi langsung pemilik rumah. Mulanya rumah ini mau dijual, tapi setelah saya hubungi pemilik akhirnya boleh dikontrak dengan nilai Rp50 juta," katanya.

Sementara itu Ketua RT setempat, Linggarjati mengatakan warga merasa seperti mendapat keberuntungan dengan kehadiran tetangga baru yang juga mantan Menteri Jokowi-JK itu. Ia dan warga bahkan kagum dengan sosok Sudirman dan keluarga yang hanya memilih mengontrak rumah sederhana.

Rumah perjuangan Sudirman Said di Cluster Beranda Bali, Kota Semarang, Jateng.

"Warga tidak menyangka dan menyambut gembira dengan kedatangan Pak Dirman, yang memilih bermukim di sini," katanya.

Dia mengaku selama ini hanya melihat dan tahu sosok Pak Dirman melalui media massa, baik ketika menjadi menteri maupun ketika menjalani masa kampanye.

"Dan ternyata orangnya cukup menyejukkan. Santun. Begitu pula dengan ibu (Astrid, istri Pak Dirman) juga langsung akrab dengan istri saya," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya