Sudirman Bakal Jadikan Perempuan Tulang Punggung Pembangunan

Calon gubernur Jateng nomor urut 2 Sudirman Said berdialog dengan pedagang.
Sumber :

VIVA – Calon gubernur Jawa Tengah nomor urut 2, Sudirman Said, bertekad menjadikan perempuan sebagai tulang punggung gerakan pembangunan di Jawa Tengah. Menurutnya, peran perempuan sangat besar dalam ikut mendorong pengembangan ekonomi.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Pria yang berhasil membubarkan praktek mafia migas ini menyampaikan soal peran perempuan saat mengunjungi Pasar Jati di Banyumanik, Semarang.

"Kita lihat di pasar ini sebagian besar pedagangnya perempuan. Mereka adalah perempuan-perempuan tangguh yang ikut menopang ekonomi Jateng," katanya.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Calon gubernur Jateng nomor urut 2 Sudirman Said berdialog dengan pedagang.

Pak Dirman sangat terkesan dengan perempuan-perempuan tangguh yang berjuang sejak subuh hingga sore hari untuk membantu ekonomi keluarga.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Bayangkan mereka subuh sudah siap-siap, berdagang sampai siang. Pulang pasti sudah beberes rumah kemudian masak, mengurus anak, suami, nyuci. Malam masih harus meladeni suami," katanya.

Jadi tidak salah, lanjutnya, jika salah satu programnya dengan Ida Fauziah ingin menempatkan perempuan sebagai tulang punggung gerakan pembangunan di Jawa Tengah.

"Karena mereka punya ketangguhan, kekuatan, dan keuletan. Mereka terbukti menjadi pahlawan keluarga," katanya.

Menurutnya, hal tersebut akan direalisasikannya dengan mendorong sebanyak mungkin perempuan masuk ke sektor kewirausahaan dengan memberikan dukungan dari hulu ke hilir, berupa permodalan, pelatihan manajemen keuangan, mendorong regulasi sampai pada meyakinkan akses pasar.

"Dan kami akan mendorong yang kecil menjadi menengah dan menengah jadi yang besar. Dengan cara memberi fasilitas dari hulu ke hilir. Terus menyediakan tempat mengadu atau tempat konsultasi serial usahanya," katanya.

Dia juga mengatakan akan menggandeng organisasi perempuan untuk memikirkan hal tersebut. Katanya, selalu ada peran perempuan dari kisah bersejarah. Karena itu, Ida Fauziyah sebagai wakil Sudirman Said akan merealisasikan hal tersebut.

Pria yang juga berhasil membongkar kasus papa minta saham itu menambahkan, selama ini peran perempuan cukup besar, namun belum disertai dorongan seimbang dari pemerintah. Apresiasi perlu diberikan dengan memberikan dukungan lebih.

“Memang sudah menjadi tulang punggung. Tapi, kalau nanti semakin didukung tentu dampaknya semakin besar. Kan kami mencanangkan APBD yang pro wong cilik dan pro perempuan. Dan itu menjadi salah satu program kami, dengan bertekad melahirkan gerakan setara sejuta wirausaha perempuan," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya