Jokowi: Saya dan Pak SBY Beda Tipis

Presiden Joko Widodo di Rapimnas Partai Demokrat.
Sumber :
  • Eka Permadi/ VIVA.co.id

VIVA – Presiden Joko Widodo membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 10 Maret 2018. Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan seorang demokrat itu harus mampu menghargai pendapat orang lain dan segala perbedaan.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

"Nah, kurang lebih saya memenuhi lah kriteria-kriteria itu. Artinya saya dan Pak SBY beda-beda tipis. Kalau saya seorang demokrat, kalau Pak SBY tambah satu, Ketua Umum Partai Demokrat. Jadi bedanya tipis sekali," kata Jokowi di sambut tawa dan tepuk tangan ribuan kader partai.

Jokowi menambahkan, demokrasi adalah pilihan perjalanan bangsa yang harus kita hormati. Sesuai dengan ideologi dan nilai nilai etika serta memberikan manfaat bagi kepentingan umum.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

"Melalui empat kali amandemen UUD 1945, kita juga memilih sistem desentralisasi pemerintahan. Sistem kepartaian kita berubah jadi multipartai. Yang dikombinasikan dengan pemilihan secara langsung," ujar Jokowi.

Atas dasar itu menurut Jokowi, kebebasan politik setiap warga negara juga harus dijamin. Termasuk kebebasan seluruh masyarakat untuk berorganisasi.

Musra dan Pesan Perlawanan Presiden Jokowi

Yang membuat demokrasi semakin seru menurutnya adalah perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat. Media sosial membuat interaksi semakin cepat dan mudah.   

"Media sosial bagai media tanpa redaksi. Medsos juga kadang untuk menyebarkan berita bohong, hoax, mengumbar kebencian. Dan ini hampir ada di semua negara. Saya kira semua pemimpin pernah mengalaminya," ucap Jokowi.

Pembangunan di IKN (FOTO/ANTARA)

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024