Sejak SMP, Khofifah Sudah Jadi 'ABRI'

Rhoma Irama dan Khofifah Indar Parawansa bertemu pada Selasa, 19 Februari 2018
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Khofifah Indar Parawansa ternyata penggemar Rhoma Irama sejak belia. Saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, Khofifah bahkan menyebut dirinya dengan ABRI, singkatan dari Anak Buah Rhoma Irama. Sebutan ABRI itu masih kerap Khofifah sampaikan kala dia diundang acara bernyanyi bersama para pejabat.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

“Saya dari kelas 2 SMP sudah menyebut diri ABRI, anak buah Rhoma Irama. Ketika saya di Kementerian Sosial, saya punya lagu wajib, Perjuangan dan Doa (lagu Rhoma Irama). Dulu saya sering menyanyikan lagu itu,” kata Khofifah dalam ikrar dukungan ke Khofifah-Emil Dardak oleh Fans of Rhoma and Soneta atau Forsa se Jatim di Surabaya, Jawa Timur, pada Senin malam, 12 Maret 2018.

Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu mengaku juga suka dan sering menyanyikan lagu Rhoma yang mengandung pesan pentingnya penghormatan terhadap sosok ibu. Lagu tersebut berjudul Keramat. “Hai Manusia, hormati ibumu. Yang melahirkan, dan membesarkanmu,” Khofiah lantas menyanyikan beberapa syair lagu Keramat itu.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Bukan hanya lagu, Khofifah mengaku juga menyukai film-film yang dibintangi Rhoma. Ia mengaku menonton semua film Rhoma zaman dulu, saat ia masih belia dan tumbuh remaja. “Saya mencuri-curi nonton waktu itu, karena keluarga saya sangat membatasi saya. Awal-awalnya agak susah, karena menonton film bagi orang kampung yang berbasis santri (dulu) tidak mudah,” kata dia.

Beberapa kali sembunyi-sembunyi, Khofifah mengaku pada akhirnya orang tuanya mengizinkan menonton film karena ditemani oleh saudaranya. “Karena ada kakak saya di sini, Pak Maskur Hasyim, beliau yang meyakinkan keluarga saya. Jadi, waktu itu hanya boleh menonton kalau filmnya Rhoma Irama,” ucap Khofifah.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Bagi mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan di era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu, Rhoma adalah pendakwah berkesenian. Karena itu dia bersyukur disokong Rhoma dalam pencalonannya di Pilgub Jatim kali ini. “(Rhoma) Membangun dakwah dengan nilai seni dan berkesenian dengan nilai-nilai dakwah yang luar biasa,” ucap Khofifah.

Rhoma Irama sendiri mengaku sudah dua kali ini membantu Khofifah dalam konteks Pilgub Jatim. Pertama ia mendukung langsung saat Khofifah maju di Pilgub Jatim 2008. “Saya sama Bu Khofifah sudah chemistry dari dulu sampai sekarang,” kata si Raja Dangdut itu. (ase)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024