Zulkifli Hasan Bocorkan Nama Calon Wakil Ketua MPR

Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Ketua MPR, Zulkifli Hasan memastikan akan segera melakukan pelantikan tiga wakil ketua di lembaganya, usai Undang Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). Sesuai aturan yang ada UU MD3 akan berlaku hari ini meski Presiden Jokowi tidak mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu).

DPR Sahkan Revisi UU MD3 Soal Penambahan Pimpinan MPR

"Kalau UU MD3 sudah berlaku kami jalankan, karena kita patuh pada hukum. Sudah siap semuanya," kata Zulkifli di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu 14 Maret 2018.

Meski sudah siap melakukan pelantikan, namun partai-partai seperti PDIP, PKB dan Gerindra belum secara resmi menyampaikan nama-nama calon Wakil Ketua MPR.

DPR dan Pemerintah Sepakat Revisi UU MD3

Terlepas dari itu, Ketua Umum PAN ini menyampaikan bocoran nama-nama calon Wakil Ketua MPR yang diajukan tiga partai politik.

"Kalau PKB kan temen saya Cak Imin. Kalau dari Gerindra saya kira Pak Muzani ya. Tadi saya ngomong juga terbuka Mbak Mega tolong lah, Pak Basarah itu profesor Pancasila," ungkapnya.

Fahri Hamzah: Pimpinan MPR Ditambah Sinyal Rekonsiliasi Jokowi

Namun, Zulkifli menolak kabar Partai Golkar akan merotasi kadernya, Mahyudin yang akan digantikan oleh Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto sebagai Wakil Ketua MPR.

"Enggak ada suratnya, enggak ada. Enggak ada. Jangan berandai-andai lah," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan partainya belum memutuskan siapa kader yang akan ditunjuk sebagai Wakil Ketua MPR. Karena penggodokan nama bukan hanya untuk wakil ketua MPR, namun sekaligus dengan Wakil Ketua DPR RI.

"Nanti, belum diputuskan namanya. Nanti ya. Yang jelas satu nama untuk DPR dan MPR," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya