Cak Imin Bisa Jadi Capres atau Cawapres 2019

Komunitas deklarasi Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) maju di Pilpres 2019 sebagai cawapres.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA - Dukungan terhadap Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar untuk maju dalam Pilpres 2019 terus mengalir. Kali ini, datang dari Koalisi Umat Islam Sumatera Utara, yang dipimpin Mustasyar Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Ustaz Jaharuddin.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Kami memberikan amanah kepada Muhaimin Iskandar untuk dapat tampil sebagai calon wakil presiden ataupun calon presiden 2019," kata Jaharuddin dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Minggu 18 Maret 2018.

Koalisi Umat terdiri dari para ulama yang berasal dari berbagai institusi keagamaan Nahdlatul Ulama, Al Wasliyah, Badan Koordinasi Majlis Taklim, Jam'iyatul Mu'allimin, Badan Koordinasi Mubaligh Sumut, Muhammadiyah, MUI, dosen, guru agama, dan lainnya.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Jaharuddin sendiri memimpin sekitar 100 ustaz dan alim ulama, serta para guru agama dari Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat dan Binjai, dan menyampaikan pernyataan dukungan di Hotel Grand Inna, Medan, pada hari ini.

Jaharuddin menuturkan bahwa Muhaimin merupakan representatif dari politisi muda Islam yang berasal dari Nahdlatul Ulama yang mempunyai latar belakang santri dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip politik ulama yang tawassuth, tawazun, al itidal, dan tasamuh.

Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

Selain itu, karakter dan kultur politik Cak Imin yang santun bisa menjadi perekat seluruh anak bangsa dari berbagai agama, ideologi, dan spektrum politik yang ada di Indonesia. Sehingga, menimbulkan dampak politik yang sehat dan damai di kemudian hari.

"Dan, juga Muhaimin akan mampu menyatukan kekuatan agama dan nasionalis yang akan menjaga tegaknya NKRI dan membawa Indonesia menjadi adil dan makmur," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Koalisi Umat menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk menyatukan diri, mengonsolidasikan semua kekuatan untuk menggagas Poros Islam Kebangsaan. Jaharuddin berharap, poros itu dapat menjadi sarana persatuan umat dalam agenda politik nasional dan Muhaimin menjadi tokoh pemersatunya.

Mandat tersebut diserahkan kepada Ketua DPP PKB Jazilul Fawaidz dan Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Dita Indah Sari yang mewakili Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya