Mayoritas Pemilih Jokowi Disebut Dukung Khofifah-Emil

Jokowi saat kampanye di Pilpres 2014.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA - Lembaga survei Poltracking Indonesia melakukan simulasi pendukung bakal calon presiden 2019, siapa yang didukung untuk calon gubernur Jawa Timur.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Dari survei itu, ternyata pendukung Jokowi justru lebih banyak memilih untuk mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, daripada mendukung Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, yang diusung PDIP.

"Pemilih Jokowi 48,8 persen cenderung memilih Khofifah," kata Direktur Poltracking Hanta Yuda, dalam surveinya, di Saripan Pasific, Jakarta, Minggu, 18 Maret 2018.

Istana Pastikan Pansel Calon Pimpinan KPK Segera Diumumkan

Pemilih Jokowi di Jawa Timur, menurut Poltracking, sebesar 58,50 persen. Mayoritas pendukung Jokowi itu memilih Khofifah. Sementara pendukung Prabowo di Jawa Timur sebesar 20,1 persen, sebesar 47,70 persen mendukung Gus Ipul dan Puti. Sementara 40,50 persen pendukung Prabowo memilih Khofifah.

Walau sebenarnya, baik Jokowi dan Prabowo adalah sama-sama pendukung Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno, karena Jokowi sendiri adalah kader PDI Perjuangan.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Hanta mengatakan, sementara yang tidak menjawab sebesar 21,4 persen. Untuk margin of error pada data ini membesar, lebih dari 2,8 persen.

Survei Poltracking dilakukan dari tanggal 6-11 Maret 2018. Dengan metedologi multi state random dengan sampel 1.200. Adapun margin of error lebih kurang 2,8 persen. (ase)

Foto Presiden Jokowi tidak dipajang di kantor DPD PDIP Sumut

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

PDIP menegaskan tidak ada muatan politis dibalik raibnya foto Jokowi di ruang aula Bung Karno DPD PDIP Sumut. Ia berdalih foto Jokowi 'menghilang' karena terjatuh

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024