SBY Disebut Bukan Negarawan Baik, Demokrat: Itu Picik

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan, menanggapi pernyataan politikus Gerindra, Desmond Mahesa, yang menyebut Susilo Bambang Yudhoyono bukan negarawan yang baik lantaran memprioritaskan anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono, sebagai calon pemimpin. Menurut Syarief, itu pandangan yang picik.

Kekuatan SBY dan Ancaman Anas-Moeldoko

"Ya itu pemikiran yang sempit. George Bush anaknya juga jadi presiden, Bush junior jadi presiden juga. Mahatma Gandhi anaknya bisa jadi perdana menteri. Jadi itu pandangan yang picik," kata Syarief saat dihubungi, Selasa, 20 Maret 2018.

Ia menambahkan, justru hal itu menjadi keberhasilan SBY dengan talenta dan kepemimpinan luar biasa. Sebab sudah berhasil 10 tahun memimpin Indonesia, dengan berbagai keberhasilannya.

Kesal dengan PSI, Demokrat Minta Jangan Seret SBY

"Semua orang kan mau mengikuti jejak Beliau (SBY). Tetapi yang beruntung buah kalau jatuh tak jauh dari pohonnya. Dan ternyata berhasil. Benihnya luar biasa bagusnya. Justru berhasil seorang bapak bisa membimbing putranya yang berhasil, bisa menjadi star, itu salah satu keberhasilan," kata Syarief.

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono.

Demokrat Klaim Rakyat Rindu Keberhasilan Era SBY

Agus Harimurti Yudhoyono

Menurut Syarief, kalau ada pemimpin yang tak bisa menurunkan kepemimpinannya, justru itu yang dianggap gagal. Sebab kemampuan seorang bapak seharusnya bisa ditiru dan diwariskan ke anak-anaknya.

Baca juga:

Murkanya Luhut ke Amien Rais: Jangan Bilang Kita Pro PKI

PAN Balas Ancaman Luhut Pandjaitan soal Amien Rais

Gerindra: SBY Bukan Negarawan yang Baik

"Kalau pemimpin itu tak bisa, berarti gagal juga dong. Pemikirannya justru terbalik. Kalau dia bilang Gerindra berhasil, bolehlah. Tapi kan pemimpinnya juga harus menurunkan kepemimpinannya pada trahnya. Ada enggak yang mampu mengikuti. Ternyata tak ada. Jadi kebalik pemikirannya," kata Syarief.

Sebelumnya, politikus Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa, menyoroti kiprah Presiden ke-6 sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Meskipun punya banyak kelebihan, Desmond melihat ada kekurangan yang cukup mencolok dari sosok SBY.

"SBY bukan negarawan yang baik, meskipun sebagai tokoh baik," kata Desmond dalam diskusi di tvOne, Selasa, 20 Maret 2018.

Desmond menuturkan ketidaknegarawanan SBY terlihat dari tindakannya memotong Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi, salah satu elite Partai Demokrat yang kini menjadi Gubernur NTB. Padahal, elektabilitas Zainul Majdi termasuk tinggi.

"SBY menggadang-gadang anaknya," kata Desmond. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya