Jubir Jokowi: Amien Rais Selalu Komentar Tidak Jelas

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/

VIVA - Istana merespons kritikan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais, yang menyebut pembagian sertifikat tanah untuk rakyat adalah pengibulan. Juru Bicara Presiden Jokowi, Johan Budi Sapto Pribowo, mengaku tidak memahami apa yang dimaksud Amien dengan pernyataan tersebut.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

"Saya tidak paham yang dimaksud Amien Rais ngibulin itu, ngibulin yang mana? Program sertifikat yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi-JK ini sebenarnya sudah lama dilakukan," kata Johan Budi, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 20 Maret 2018.

Baca juga: Masinton: Amien Rais Senior, Tak Perlu Diberi Saran

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Program pembagian sertifikat tanah biasanya hanya 500 ribu sertifikat dalam setahun. Namun sejak 2017, pemerintah menggenjot dengan membagikan hampir 5 juta dalam kurun tahun itu. Sementara untuk tahun 2018 targetnya naik menjadi 7 juta.

Program ini, kata Johan, adalah kepedulian Jokowi agar masyarakat mendapatkan haknya akan tanah. Makanya dikebut agar cepat tuntas, dengan menargetkan hingga tujuh juta pada tahun 2018.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

"Jadi sama sekali ini program nyata, bukan kibulan. Teman-teman kan bisa lihat sendiri. Jadi mungkin perlu ditanya balik ke Amien Rais definisi ngibul itu apa," kata Johan.

Baca juga: PDIP: 32 Tahun PKI Ditumpas, Bangkit dari Mana?

Jokowi memilih sikap santai terhadap kritikan itu. Termasuk soal kemungkinan apakah akan mengambil langkah hukum atau tidak, Johan mengatakan tidak sampai ke sana.

"Kan dia (Amien Rais) selalu komentar-komentar yang kadang menurut saya enggak jelas," kata mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi itu.

Amien Rais saat berpidato di aksi bela Rohingya.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais.

Sebelumnya, dalam sebuah kesempatan, Amien Rais menilai kebijakan Jokowi membagikan sertifikat tanah adalah pengibulan. Dia meminta masyarakat waspada karena 74 persen negeri ini justru dimiliki kelompok tertentu. Tak hanya itu, Amien juga menuduh pemerintahan Jokowi memberikan angin untuk kebangkitan PKI. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya