Tim Internal Jokowi Rahasia, Johan Budi Tak Tahu Anggotanya

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/

VIVA – Setelah diusung sebagai bakal calon Presiden pada Pilpres 2019 mendatang, Presiden Joko Widodo masih belum menentukan figur yang akan menjadi calon wakilnya. Untuk mencari dan memilih figur calon wapres yang cocok, berembus kabar bahwa ada tim internal yang dibentuk.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Presiden Jokowi sebelumnya mengakui ada tim internal. Belakangan muncul kabar, kalau tim internal itu diketuai oleh Mensesneg Pratikno.

Namun Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo membantah kalau Pratikno adalah ketuanya. Namun ia mengakui, bahwa tim itu ada bahkan sudah lama keberadaannya.

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

"Dari dahulu ada (tim internal), tidak hanya soal cawapres dan Pilpres. Presiden pasti punya tim internal sendiri, yang tahu itu Presiden. Bahwa tim internal Presiden siapa saja itu pak Presiden yang tahu dengan yang ditunjuk dengan timses," kata Johan Budi di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Kabar keberadaan tim internal yang dipimpin Pratikno disebut akan menyeleksi sejumlah nama untuk diajukan menjadi bakal cawapres Jokowi nantinya. Lagi-lagi Johan dengan tegas membantah informasi itu. 

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

"Itu tidak benar. Ini A1 sih (valid)," katanya.

Lantas siapa saja yang ada dalam tim internal yang sudah lama dibentuk itu? Johan mengaku tidak mengetahui persis. Dia mengatakan bahkan dirinya tak masuk dalam tim.

"Tim internal itu tidak terstruktur, tidak formal," kata Johan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya