Demokrat Masih Yakin Poros Ketiga Pilpres Bisa Terbentuk

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Fajar GM

VIVA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan, partainya masih optimistis dengan adanya poros ketiga pada Pilpres 2019. Ia mengaklaim, dialog soal poros tersebut masih berlanjut.

Jika Pilpres 2024 Ada 3 Poros, SBY Bisa Jadi King Maker

"Masih, masih. Karena dialog dengan PAN kami masih berlanjut. Kan makin banyak pilihannya makin bagus," kata Hinca di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 28 Maret 2018.

Baca juga: Hanura: Poros Ketiga Tunggu Lebaran Kuda

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Ia mengakui, komunikasi memang terjadi di level sekjen antara PKB dan PAN soal hal itu. Komunikasi terakhir masih dilakukan pada 9 Maret lalu.

"Akhir-akhir ini kami melakukan dialog dari tiga partai yang bersangkutan. Ini soal waktu saja, Pak SBY lagi keliling Jawa Barat, sehingga kami tetap menjalin komunikasi terus," kata Hinca.

Demokrat Ungkap Kejanggalan Pembahasan RUU HIP sejak Awal

Sebelumnya, PAN, PKB, dan Demokrat menjajaki poros baru selain Jokowi dan Prabowo. Meski begitu, PAN merasa kemungkinan membentuk poros ini kecil. Begitu pun dengan PKB.

Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding menilai, kecil kemungkinan poros ketiga dalam pilpres akan terwujud. PKB pun kini malah ingin untuk tetap berada sebagai pendukung Jokowi.

"Saya juga tidak melihat akan terbentuk poros ketiga atau tipis kemungkinannya," kata Karding.

Partai Amanat Nasional atau PAN menilai bukan hal yang mustahil wacana pembentukan koalisi alternatif atau poros ketiga dalam pemilu presiden tahun 2019. Namun, sejauh ini wacana itu sulit diwujudkan. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya