Akar Rumput PKB Mau Cak Imin Cawapres Jokowi, Bukan Prabowo

Jokowi dan Cak Imin saat peresmian kereta api Bandara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masuk dalam bursa bakal cawapres Joko Widodo. Keinginan ini menyesuaikan aspirasi kader PKB yang berharap Cak Imin bersanding dengan Jokowi.

Golkar, Gonjang-ganjing Koalisi dan Poros Tengah

"Seluruh pengurus PKB di daerah punya keinginan Cak Imin bersanding dengan Jokowi. Itu kenyataannya yang ada saat ini," kata Ketua DPC PKB Bantul, Yogyakarta, Abdul Halim Muslim kepada VIVA, Senin 2 April 2019.

Dia mengatakan, meski PKB belum resmi mendukung Jokowi sebagai capres, namun kader akar rumput menginginkan hal tersebut terealisasi. Suara kader di daerah juga ingin PKB bergabung dengan PDI Perjuangan dan partai lain yang resmi memberikan dukungan kepada Jokowi.

Cak Imin Masih Ngotot Usul Tunda Pemilu 2024

"Tak bisa dipungkiri keinginan pengurus di daerah ingin berkoalisi dengan PDI Perjuangan seperti Pilpres 2014 silam," ujarnya.

Halim juga menyebut alasan Cak Imin harus disandingkan dengan capres Jokowi. Salah satunya karena baru Jokowi yang merupakan capres yang resmi diusung oleh sejumlah partai.

Dari Wonosobo, 1.000 Kiai Dukung Cak Imin Nyapres 2024

Ia juga menyinggung sejauh ini, belum ada deklarasi resmi kepada figur lain seperti Prabowo Subianto untuk maju sebagai capres. Cak Imin juga sempat digadang-gadang masuk dalam bursa cawapres Prabowo.

"Ya saat ini capresnya kan baru Pak Jokowi. Ya otomatis disandingkan dengan Pak Jokowi," tuturnya.

Namun, bila capres Jokowi dan partai koalisi sepakat nama cawapres yang lain bukan Cak Imin maka disarankan PKB harus menentukan sikap. Kendati demikian, diharapkan untuk saat ini, yang terpenting adalah bisa mendongkrak elektabilitas Cak Imin sebagai cawapres.

"Namun demikian untuk jangka pendek ini yang harus dilakukan adalah meningkatkan elektabilitas dan kepopuleran Cak Imin sebagai cawapres sesuai dengan target yang diinginkan."

Jokowi dan Prabowo Subianto diprediksi akan kembali bersaing memperebutkan kursi RI-1 di Pilpres 2019. Jokowi sejauh ini sudah didukung lima parpol pemerintah seperti PDIP, Golkar, PPP, Hanura, dan Nasdem. Sementara, Prabowo yang didukung Gerindra belum dideklarasikan secara resmi. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya