Wah! Ada 14 Juta Pemilih Baru Generasi Zaman Now

Ilustrasi jari usai memberikan hak suara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Widiarini

VIVA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta generasi muda untuk andil dalam pesta demokrasi yang berlangsung tahun 2018 dan 2019 mendatang. Menurut data yang diperolehnya, ada 14 juta pemilih dari gerenasi muda yang bisa menggunaka hak pilihnya.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

“Jumlahnya sangat besar. Jangan sampai suara mereka tersia-siakan karena ketidakmengertian mereka terhadap penggunaan hak pilih," ujar Bambang di Jakarta, Sabtu, 7 April 2018.

Bambang menjelaskan, sosialisasi mengenai pilkada dan pilpres ini bisa dilakukan dengan cara aktif di media sosial. Diketahui, generasi muda sekarang cenderung banyak menghabiskan waktu di media sosial dalam kesehariannya.

Pilkada ala Orba

Baca juga: Diam-diam Prabowo Temui Luhut, Ada Apa?

"Media sosial saat ini sudah menjadi sumber referensi utama kaum muda dalam mencari pengetahuan. Saya ingin para penggerak aktif di media sosial. Buat meme, tagline, atau konten kampanye kreatif agar kaum muda bisa tersadarkan untuk menggunakan hak pilihnya," ucap dia.

Buka Sidang Paripurna, Bamsoet Pantun Sindir Elite Politik

Baca juga: Menakar Peluang Gatot Jadi Capres

Bambang berharap ke depan akan makin banyak organisasi kepemudaan yang peduli dengan pendidikan politik. Semakin banyak organisasi pemuda yang memberikan edukasi, semakin tercerahkan bangsa dan negara Indonesia.

"Kaum muda harus sibuk berkarya, bukan sibuk jotos adu tenaga. Kaum muda harus sibuk memberikan pencerahan, bukan sibuk bertengkar tak karuan," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya