Zulkifli Hasan Minta Kader PAN Mengalah Jadi Caleg

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Ketua Umum DPP PAN, Zukifli Hasan meminta kader partainya mengalah dalam proses pendaftaran calon legislatif dari tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi hingga DPR RI untuk Pemilu 2019 mendatang. Menurut dia, banyak animo masayarakat yang harus ditampung.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

"Banyak animo dari masyarakat yang ingin mendaftar. Mereka merasa enggak cukup, marah-marah di luar, sehingga ingin memperbaiki negara dari dalam dengan menjadi anggota DPR. Saya minta kader mengalah," kata Zulkifli di kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis 12 April 2018.

Zulkifli menambahkan dengan banyaknya animo dari eksternal partai, maka komposisi calon legislatif dari PAN akan berubah. Kata dia, 30 persen dari kader, dan sisanya eksternal. Perubahan komposisi ini juga untuk menyesuaikan kesiapan kader PAN.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Awalnya 50:50 antara kader dan non kader. Sekarang jadi 70:30. 30 persen kader, 70 persen dari eksternal," lanjut Ketua MPR itu.

Namun, syarat dari PAN untuk masyarakat yang minat juga tak mudah. Salah satunya harus memiliki kompetensi lebih baik dari kader.

Muhaimin Ungkap Isyarat Jokowi jika Ingin Reshuffle Kabinet

"Mereka harus punya kompetensi lebih baik dari kader yang ada, sehingga kader bisa mengalah," jelasnya.

Kemudian, ia mengungkapkan khusus masyarakat yang mendaftar dan lolos seleksi, nanti akan diberi pelatihan khusus. "Kita nanti akan ada pembekalan," katanya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021