Logo BBC

Habibie dan Susi Tokoh Paling dikagumi, Jokowi Nomor Dua

B.J. Habibie mengungguli Joko Widodo dan Ahok di daftar tokoh laki-laki Indonesia yang paling dikagumi menurut survei YouGov. - Getty Images
B.J. Habibie mengungguli Joko Widodo dan Ahok di daftar tokoh laki-laki Indonesia yang paling dikagumi menurut survei YouGov. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mantan Presiden B.J. Habibie dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berada di urutan teratas tokoh yang paling dikagumi di Indonesia pada 2018.

Daftar tokoh laki-laki dan perempuan Indonesia yang paling dikagumi ini disusun oleh lembaga survei YouGov dan merupakan bagian dari survei untuk mencari tokoh yang paling dikagumi secara global.

Di Indonesia, untuk tokoh laki-laki, 18,6% responden memilih Habibie, disusul oleh Presiden Joko Widodo yang dipilih oleh 12,4% responden disusul oleh mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang dipilih oleh 8,2% responden.

Ahok saat ini menjalani hukuman setelah dinyatakan bersalah melakukan penistaan agama.

Tempat keempat diisi oleh Zakir Naik, kemudian bintang film laga asal Hong Kong Jackie Chan, pendiri Microsoft Bill Gates dan pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Kemudian berturut-turut, Barack Obama, David Beckham, Jack Ma, Lionel Messi, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Secara keseluruhan YouGov merilis 25 nama tokoh laki-laki paling populer di Indonesia. Tiga tempat terbawah diisi oleh Xi Jinping, Donald Trump dan PM India, Narendra Modi.