Survei Sebut Gatot Cawapres Favorit, TGB Paling Religius

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Hasil survei nasional opini publik 2018 Lembaga Survei KedaiKOPI atau Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia menyebutkan bahwa elektabilitas suara mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo paling tinggi atau paling favorit dibandingkan dengan calon lain seperti Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Publik memilih Gatot Nurmantyo sebanyak 17,5 persen. Diikuti Agus Harimurti Yudhoyono 8,7 persen, Anies Baswedan 8,6 persen, TGB Zainul Majdi 5,7 persen, Abraham Samad 4,1 persen, Tito Karnavian 3,9 persen Muhaimin Iskandar 1,7 persen, Rizal Ramli 1,1 persen.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie mengatakan, survei dilakukan terhadap 1.135 responden di 34 propinsi dengan margin of error plus minus 2,97 persen pada interval kepercayaan 95,0 persen. Responden adalah calon pemilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai dengan tatap muka (home visit).

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Saat publik diajukan pertanyaan terbuka, bila pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan anda pilih sebagai Wakil Presiden? Sebanyak 4,6 persen responden menyebut nama Gatot Nurmantyo. Nama lain yang menempati top of mind publik sebagai calon wakil presiden adalah TGB Zainul Majdi 4,4 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono 4,3 persen .

“Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walaupun sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden ini 53,5 persen," kata Vivi, Sabtu, 14 April 2018.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Gubernur NTB TGB Zainul Majdi

Lewat survei ini, masyarakat setuju jika presiden setidaknya memiliki 5 karakter ini; kompeten, jujur dan dapat dipercaya, perhatian terhadap rakyat, santun dan religius.

“Dengan melihat karakter ini ada sejumlah nama yang dianggap mewakili, selain Jokowi, Prabowo dan Gatot, maka TGB Zainul Majdi masuk dalam kriteria ini," katanya.

Rata-rata dari lima karakter itu, Jokowi selalu menempati rangking pertama kecuali kriteria religius yang predikatnya diberikan publik kepada Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi.

“Publik berpendapat TGB Zainul Majdi sebagai pemimpin yang paling religius mengungguli Jokowi, Gatot, Prabowo, Abraham Samad, Agus Harimurti dan lainnya,” jelas Vivi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya