Muncul Baliho Capres Bule, KPU Anggap Cuma Ngaku-Ngaku

Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama komisioner KPU Viryan dan Evi Novida
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA - Komisioner KPU, Viryan Aziz, kaget saat mendengar munculnya baliho yang menampilkan pria berwajah mirip bule di Jalan Warung Jati Barat, Pancoran, Jakarta dengan tulisan Dr. Sam Aliano Calon Presiden 2019.

Ajukan Saksi Tambahan, Putusan Gugatan Mulan Jameela Cs Ditunda

"Itu ngaku-ngaku saja. Itu keinginan, silakan saja," kata Viryan di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa, 17 April 2018.

Viryan tidak mempersalahkan hal tersebut, karena saat ini belum masuk pada tahapan pemilu, apalagi tahapan pemilihan presiden. "Kalau terkait partai itu masuk kampanye pemilu," katanya.

Jusuf Kalla Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Damaikan Politik Bangsa

Atas dasar itu, dengan munculnya baliho tersebut, KPU tidak bisa memberi sanksi apapun. Apalagi, pemasangan dan penurunan baliho di ruang publik bukan kewenangan KPU.

"Itu pemda, terkait regulasi di pemda pemasangan reklame. Itu belum masuk dalam kaitan dengan alat peraga kampanye karena calon belum ada. Tidak ada pengaturan untuk itu. Itu yang lebih tepat terkait pengaturan di dinas Pemda Provinsi DKI," katanya.

#03PersatuanIndonesia Sinyal Baik Pertemuan Jokowi-Prabowo

Sebelumnya diberitakan, sebuah baliho yang menampilkan pria berwajah mirip bule muncul di Jalan Warung Jati Barat, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 17 April 2018, pagi. Tepatnya, di sisi jalan dari arah Ragunan menuju Kuningan.

Baliho itu memperlihatkan foto seorang pria berjas hitam lengkap dengan peci dengan warna senada. Dalam foto berlatar belakang merah putih itu, terdapat tulisan Dr. Sam Aliano.

Tepat di bawah nama itu, tertulis "Calon Presiden 2019" berikut beberapa tagline sekaligus visi-misinya. Ada pun janji seperti yang tertulis di baliho adalah "Indonesia bebas hutang", "Indonesia bubar hari kiamat" dan "Umrah gratis per 1 orang".

Namun, belum diketahui pasti apa maksud dari pesan-pesan yang ingin disampaikan figur di baliho tersebut. Ternyata, baliho serupa juga terdapat di persimpangan Patung Dirgantara alias Tugu Pancoran dan simpang tiga Taman Makam Pahlawan Kalibata. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya