Dewan Pakar Golkar Minta Airlangga Jadi Cawapres Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan

VIVA – Dewan Pakar Partai Golkar meminta Dewan Pengurus Pusat mengajukan Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk menjadi kandidat wakil presiden bagi Joko Widodo pada Pemilu 2019 mendatang. Demikian salah satu hasil rapat tertutup antara Dewan Pakar dan DPP Partai Golkar di Kantor DPP, Jalan Anggrek Neli Murni, Palmerah, Jakarta Barat.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

"Dewan Pakar meminta kepada DPP Partai Golkar sesuai mekanisme organisasi, mengusulkan saudara Airlangga Hartarto sebagai calon Wakil Presiden RI," ujar Ketua Dewan Pakar Golkar, Agung Laksono, pada Selasa, 17 April 2018.

Usulan pengajuan Airlangga dilakukan sebagai skenario jika Jokowi memutuskan untuk memilih kader Golkar menjadi Cawapres. Meski demikian, Agung menyampaikan, DPP juga harus bersikap menyerahkan sepenuhnya pemilihan Cawapres kepada Jokowi.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

"DPP untuk tetap konsisten mendukung apa yang akan diputuskan dan ditetapkan Bapak Joko Widodo kendati pun menghadapi kenyataan bahwa calon Wakil Presidennya belum tentu dari kader Partai Golkar," ujar Agung.

Menangkan Jokowi

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

Dia juga menyampaikan seluruh jajaran Golkar harus tetap konsisten berusaha memenangkan Jokowi dan calon pasangannya jika hal itu terjadi.

Selain itu, Dewan Pakar juga mengusulkan bahwa pada 2024 Golkar memiliki calon presiden sendiri. Untuk mencapai hal itu, DPP harus mengupayakan Golkar lolos ambang batas Parlemen dan Presiden di Pemilu 2019.

"Yaitu sama dengan 20 persen kursi DPR RI atau 25 persen suara sah nasional atau 115 kursi DPR RI," ujar Agung. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya