Amien Rais Akan Buktikan Pembagian Sertifikat Pengibulan

Amien Rais
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Ucapan Amien Rais terkait pengibulan sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo, sempat menuai perhatian luas. Amien juga sempat diminta membeberkan data yang dia punya. Mengenai kapan waktunya, putera Amien, Hanafi Rais menjawab akan ada waktunya nanti.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

"Oh ya pasti-pasti. Ada waktunya sendiri ya, karena sebenarnya ini bukan perdebatan politik, tetapi perdebatan ilmiah," kata Hanafi, Senayan, Jakarta, Rabu 18 April 2018.

Hanafi meminta semua untuk bersabar saja. Menurutnya, pembeberan data bahwa pembagian sertifikat itu adalah pengibulan akan disampaikan secara lengkap nanti.

Pemerintah Bakal Tambah Saham di Freeport Indonesia Jadi 61 Persen, Begini Penjelasan Tony Wenas

"Ya, jadi soal itu mesti akan diramu secara komperhensif ada waktunya sendiri ya. Tenang aja," ujar Hanafi.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mengklaim bahwa soal pengibulan itu juga banyak yang sudah membuktikan. Dia hanya menjawab, ada pihak-pihak yang sudah sampaikan data.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

"Ada LSM yang mengatakan bahwa itu juga sebuah pengibulan. Sudah banyak orang yang malah kemudian membuka data-datanya sendiri kan," kata Hanafi.

Sebelumnya, Amien menilai, cara Jokowi dengan membagi-bagikan sertifikat itu masih belum bisa menuntaskan permasalahan soal kepemilikan lahan.

Hal ini disampaikan pendiri PAN tersebut dalam diskusi Bandung Informal Meeting dengan topik 'Kegagalan Negara Memberikan Rasa Aman Kepada Rakyat dan Bangsa, melanggar UUD 1945 pasal 28 G (1) dan Hak Asasi Manusia' di Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Minggu, 18 Maret 2018.

"Ini pengibulan, waspada. Bagi-bagi sertifikat tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu, seolah dibiarkan," kata Amien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya