Golkar: Partai Koalisi Punya Hak Ajukan Cawapres Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan

VIVA – Bursa kandidat calon wakil presiden untuk mendampingi Jokowi terus menjadi pembahasan antarpartai koalisi. Partai Golkar yang telah mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presiden di Pemilu 2019, menyatakan tidak begitu khawatir dengan manuver sejumlah elite atau tokoh.

Minister Brings Significant Issue as Indonesian Representative in OECD

Menurut Wakil Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar, Bambang Soesatyo, keputusan terakhir yang akan menjadi cawapres ada pada Jokowi. "Tapi pilihan kan ada pada Pak Jokowi sendiri," kata Bambang di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 18 April 2018.

Ia menilai, spekulasi dari sejumlah pimpinan partai politik untuk mendekati Jokowi adalah hal biasa. Tapi pada akhirnya, Jokowi sendiri dan kesepakatan koalisi yang akan menentukan siapa pendamping Jokowi untuk memimpin pemerintahan hingga 2024. Wacana duet Jokowi - Prabowo juga tidak menutup kemungkinan.

Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

"Jokowi pasti punya kalkulasi politik sendiri, Prabowo punya kalkulasi politik sendiri," katanya menambahkan.

Bambang menjelaskan alasan partainya yang ikut mendorong Airlangga Hartarto sebagai cawapres Jokowi. Menurut dia, itu juga hal wajar jika setiap partai koalisi mengajukan kadernya sendiri.

Airlangga: Negara Anggota OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

Seperti diketahui kemarin, Selasa 17 April 2018, Dewan Pakar Partai Golkar, meminta agar Airlangga yang juga ketua umum partai berlambang pohon beringin itu disorongkan untuk wakil Jokowi. "Demikian juga kami di Golkar, punya kalkulasi politik sendiri. Maka biarkanlah ini cair, masih banyak waktu kita untuk menentukan pilihan."  (mus) 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan)

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

Airlangga Hartarto menyebut pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal I-2024 sebesar 5,11 persen ini menjadi yang tertinggi sejak tahun 2015.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024