Komposisi Koalisi Poros Ketiga Pemilu 2019 Versi PKS

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Presiden PKS, Sohibul Iman.
Sumber :

VIVA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman mengungkap peluang komposisi poros ketiga di Pemilu 2019. Peluang itu makin mengemuka usai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan disebut sempat menemuinya pada Selasa, 17 April 2018.

Sohibul menyampaikan, poros ketiga memiliki peluang dan akan terdiri dari parpol-parpol yang belum merapat ke koalisi pendukung Jokowi minus Gerindra.

"Yang tiga, bisa satu poros juga, PAN, PKB, sama Demokrat," ujar Sohibul di sela-sela milad PKS ke-20 di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat malam, 20 April 2018.

Dicopot dari Wakil Ketua DPRD DKI, Begini Kata Abdurrahman Suhaimi

Sohibul tak menutup kemungkinan PKS juga menjadi salah satu parpol di poros itu. Meski demikian, Sohibul mengatakan, komunikasi masih terus dijalin dengan Partai Gerindra untuk menentukan konstelasi koalisi politik di Pilpres tahun depan.

Sohibul menyampaikan, perhitungan jumlah kursi di DPR membuat Partai Gerindra menjadi salah satu penentu yang akan sangat mudah membentuk satu poros asal bisa berkoalisi dengan parpol mana pun.

PKS Kecam Dubes Ukraina Surati Presiden: Enggak Punya Akhlak

"Intinya lima partai ini (PKS, Gerindra, PAN, PKB, Demokrat). Kalau disepakati bisa bikin dua poros." (mus) 

Presiden Jokowi Bersama Sejumlah Menteri di Tempat Kemah Titik Nol IKN

Softbank Batal Investasi di IKN, Fraksi PKS: Jangan Perbesar APBN

Anggota Komisi V dari fraksi PKS meminta pemerintah untuk mengkaji serius dampak penarikan investasi di IKN tersebut. Jangan perbesar pemakaian APBN.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022