Demokrat Prediksi Pilpres 2024 AHY vs Gibran Jokowi

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudin

VIVA – Partai Demokrat memprediksi pemilu presiden tahun 2019 diikuti sedikit kontestan, bahkan cuma dua calon presiden, yaitu petahana Joko Widodo dan Gatot Nurmantyo, mantan panglima TNI.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo, sekarang sudah dimunculkan slogan atau singkatan yang merefleksikan profil kedua tokoh itu, misal JKW untuk Jokowi dan GNR untuk Gatot Nurmantyo.

Prediksi selanjutnya ialah pemilu presiden tahun 2024. Roy memperkirakan, jumlah peserta pemilu presiden 2024 pun serupa lima tahun sebelumnya, yaitu dua calon saja. Dia menyebut tokoh muda, Agus Harimurti Yudhoyono dan Gibran Rakabuming Raka, masing-masing adalah anak Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

"2024 bisa juga AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) versus GRR. GRR itu Gibran Rakabuming Raka," kata Roy berkelakar dalam sebuah forum diskusi di Jakarta pada Sabtu, 21 April 2018.

Roy memang menyebut Partai Demokrat belum memutuskan akan bergabung dengan koalisi Jokowi atau Prabowo. Bahkan, ia pun tak membantah jika ada kemungkinan poros ketiga.

Gatot: Naluri Politik Surya Paloh Tajam, Orientasinya yang Penting Anies Maju dan Aman

Yang pasti, Demokrat pada 2019 tidak akan memiliki sikap politik seperti pemilu presiden 2014, yakni saat itu menjadi partai yang netral dan tak memilih salah satu pasangan calon. "Untuk dukungan ke siapa, nanti akan dilakukan sebelum tanggal 4 Agustus," ujarnya.

Ia pun meyakini bahwa pemilu presiden 2019 akan berjalan dengan aman dan presiden terbaik akan terpilih. Dengan diplomatis, ia menjawab apakah tahun 2019 akan terpilih presiden baru atau tidak. “Terbaik bisa saja baru," katanya.

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menyoroti kasus pengeroyokan yang dilakukan oknum TNI terhadap relawan Ganjar-Mahfud di Boyolali.

img_title
VIVA.co.id
7 Januari 2024