Gerindra: Kader PAN Patuh pada Amien Rais daripada Zulkifli

Dewan Kehormatan PAN Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aprilio Akbar

VIVA – Politikus senior Amien Rais menyebut kader akar rumput Partai Amanat Nasional (PAN) lebih mendukung Prabowo Subianto ketimbang Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono percaya dengan omongan Amien Rais.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

"Kalau sama Pak Amien Rais 1.000 persen saya percaya. Kalau Pak Amien Rais itu orang yang komitmen melawan pemimpin yang tidak pro rakyat," kata Arief lewat pesan singkatnya, Kamis 26 April 2018.

Arief juga meyakini kalau kader-kader PAN pasti mengikuti pandangan politik mantan Ketua MPR itu. Saat ini, Amien menjabat Ketua Majelis Pertimbangan PAN.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Masyarakat di luar PAN juga dinilai pasti menyetujui ucapan-ucapan Amien. Pernyataan Amien dinilai jadi acuan kader PAN ketimbang Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN.

"Saya yakin juga kok kader PAN di bawah itu paling patuh dan mendengarkan Pak Amien Rais, serta mengikuti garis politik yang diambil oleh Amien Rais," ujar Arief.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Mengenai sikap Zulkifli Hasan yang dipersepsikan lebih condong pada Jokowi, Arief menilai Zulkifli mungkin dalam tekanan. Dia menilai Zulkifli mungkin diduga khawatir dijebak proses hukum oleh pihak penguasa.

"Karena takut OTT kasus alih lahan oleh KPK yang menjerat Gubernur Riau menyeret-nyeret Pak Zul. Padahal saya yakin 1.000 persen Pak Zul tidak terlibat dalam kasus itu. Tapi, ya nama penguasa sekarang kan bisa saja makai KPK untuk mengkriminalisasi Pak Zul," katanya.

Baca: Amien Rais: Umat PAN di Bawah Emoh Dukung Jokowi, Titik

Sebelumnya, Amien menyebut PAN bersama Partai Keadilan Sejahtera akan mendukung Prabowo Subianto ketimbang Jokowi di Pemilihan Presiden 2019. Sebagai pendiri partai, ia mengaku lebih tahu soal PAN ketimbang Ketua Umum Zulkifli Hasan.

"Saya kira enggak ada jalan lain (PAN dukung Prabowo). Saya lebih tahu daripada Pak Zul. Maaf. Karena saya mendirikan," kata Amien di gedung DPR, Jakarta, Kamis, 26 April 2018. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya