Cotto Makassar Jadi Bukti Keberhasilan KUR di Sulsel

Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo
Sumber :

VIVA – Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo mengatakan bahwa penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diberikan oleh Bank Mandiri di Provinsi Sulawesi Selatan sudah tepat sasaran. Salah satu bukti keberhasilan program itu adalah dengan dilakukannya sebuah terobosan inovasi pengemasan cotto makassar dalam bentuk kemasan seperti mie instan.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

"Kita melihat hal ini bisa menjadi potensi pemasaran yang sangat besar. Kita juga menginginkan agar Bank Mandiri membantu di dalam aspek-aspeknya, sehingga pelaku KUR ini bisa cepat berkembang," ucap Andreas di Makassar, Sulsel, Sabtu 12 Mei 2018.

Andreas menjelaskan bahwa KUR merupakan program yang dirancang oleh pemerintah untuk memberikan akses permodalan kepada usaha kecil menengah. "Dengan KUR ini diharapkan usaha-usaha mikro yang masih kecil dapat naik kelas menjadi usaha kecil dan menengah," ujarnya.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Selama ini masih menjadi keluhan, lanjut Andreas, untuk mikro yang di bawah Rp25 juta masih dimintakan agunan. Padahal seharusnya agunan bukan menjadi persyaratan utama, karena yang terpenting adalah prospek usahanya.

"Kita mengharapkan pihak perbankan ikut melakukan pendampingan. Karena kunci dari semuanya adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan usahanya. Kalau hanya diberi kredit saja tanpa didampingi dengan manajemennya, maka potensi gagalnya cukup besar," imbuhnya.

Belum Ada Pengalihan Arus Buntut Demo Mahasiswa- Pelajar di DPR, Polisi sebut Situasional

Andreas menilai anggaran untuk KUR yang ada sekarang masih sangat kurang, dan di beberapa tempat masih belum tepat sasaran. "Kriteria tepat sasaran yaitu bagaimana dia (pelaku usaha) bisa menumbuhkan usaha mikro kemudian berkembang menjadi usaha kecil, dan selanjutnya bisa menjadi usaha menengah," papar Andreas.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya KUR tersebut diharapkan dapat memunculkan wirausahawan dan wirausahawan muda, serta wirausaha kaum perempuan. "Dengan menjadi wirausaha, mereka bukan mencari pekerjaan, tetapi justru akan menciptakan lapangan pekerjaan," katanya. (dpr.go.id)

Pengamanan Demo di KPU dan Bawaslu

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Ribuan personel dikerahkan untuk mengawal jalannya rekapitulasi suara tingkat nasional di Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) hari ini Rabu, 20 Maret

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024