Komunikasi Lancar, Ratusan Kyai Madura Dukung Khofifah-Emil

Calon gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membeli buku di Kampoeng Ilmu Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu, 21 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ratusan kyai di Madura, Jawa Timur menyatakan dukungannya kepada pasangan Calon Gubernur Khofifah Indar Parawasa - Emil dalam Pilgub Jatim 2018. Pasangan ini dianggap lebih kompeten dan profesional memimpin Jawa Timur 5 tahun mendatang. 

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Dukungan tersebut disampaikan dalam bentuk fatwa yang ditandatangani langsung seluruh pengurus pondok pesantren se-Madura di Pondok Pesantren At Taroqqi, Sampang, kemarin. 

Dikutip Minggu 20 Mei 2018 dari keterangan resminya, Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Ahmad Shiddiq, membaca langsung fatwa  Bernomor 1/SFMM/V/2018 tersebut. 

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

"Menyeru dan memfatwakan fardhu 'ain kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk memilih paslon Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak dalam Pilgub Jatim 2018," tulis fatwa tersebut.

Diterangkan fatwa tersebut, sejumlah alasan yang mendasari dikeluarkannya fatwa kyai. Yakni Khofifah-Emil dinilai memiliki persyaratan untuk mewujudkan Jawa Timur menjadi daerah yang maju, adil, dan makmur. 

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

"Keduanya jujur, dapat dipercaya, dan punya program yang jelas. Baik dari segi gagasan, wawasan, maupun perencanaannya. Terhadap persyaratan tersebut keberadaannya lebih baik dari paslon lain," bunyi fatwa tersebut. 

Fatwa tersebut juga merujuk sejumlah dalil dari beberapa kitab. Antara lain, kitab al-Bujairimi 'alal Khotib dan kitab as-Sunanlul Kubro lil Iman Baihaqi. Dalil tersebut menerangkan bahwa barang siapa yang memilih seorang pemimpin di antara yang dipimpinnya adalah orang-orang muslim, dia tahu bahwa ada orang lain yang tidak dia pilih lebih baik dari yang dia pilih. Maka sungguh dia berkhianat kepada Allah, Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin. 

Lebih lanjut Ratusan kyai Madura berharap seruan dan Fatwa ini menjadi panduan bagi masyarakat Jawa Timur dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Sehingga tidak sampai salah memilih pemimpin. 

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi dukungan kyai asal Madura tersebut. Menurut dia, dukungan ini merupakan buah dari komunikasi yang intens yang dilakukannya dengan para kyai Madura. 

"Kalau bukan karena kesamaan visi dan misi untuk Jawa Timur, saya yakin para kyai tidak akan memberi dukungan kepada saya. Mereka (kyai) juga ingin Jawa Timur lebih maju lagi," imbuhnya.

Dukungan para kyai asal Madura tersebut semakin memperkuat basis dukungan Khofifah-Emil dari kalangan pesantren dan ulama di Jawa Timur. Sebelumnya para kyai asal Probolinggo, Gresik, Malang, Banyuwangi, Jombang, Mojokerto, Situbondo, dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur ramai-ramai mendukung pasangan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya