Indo Barometer: Duet Jokowi-Prabowo Selalu Unggul

Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Istana Negara beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA – Indo Barometer merilis hasil survei terhadap elektabilitas Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas duet Jokowi-Prabowo selalu di atas 50 persen.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

Survei dilakukan pada 15-22 April 2018 di 34 provinsi. Survei dilakukan kepada 1.200 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +- 2,83 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

Simulasi dilakukan dengan pertanyaan tertutup. Pertanyaan yang diajukan adalah, 'Di antara 2 kemungkinan pasangan capres dan cawapres berikut ini, pasangan mana yang akan Bapak/Ibu pilih?'

"Jokowi-Prabowo melawan Gatot Nurmantyo-Anies Baswedan, 53,7 persen banding 17,8 persen. Jokowi-Prabowo melawan Budi Gunawan-Anies 56,4 persen banding 13,3 persen. Kemudian Jokowi-Prabowo melawan Anies-Budi Gunawan 56,2 persen. Jokowi-Prabowo melawan JK-Anies 55,5 persen banding 15,4 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, di Hotel Atlet Century, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Mei 2018.

Gubernur Anies Hargai Proses Perhitungan Suara di Pemilu Serentak 2019

Qodari mengatakan, dari berbagai simulasi capres-cawapres yang dilakukan pihaknya, pasangan Jokowi-Prabowo selalu mendapatkan angka paling tinggi. Keduanya memperoleh suara dibandingkan jika Jokowi dan Prabowo disandingkan dengan cawapres lain. Ke depan, pihaknya akan mencoba menempatkan duet Jokowi-SBY.

"Jadi kita lihat dari macam-macam simulasi, paling tinggi itu angkanya kalau Jokowi-Prabowo. Nanti kita tes Jokowi-SBY. Habis Lebaran. Tapi Lebaran yang mana dulu. Kalau Lebaran kuda enggak nyampe-nyampe," kata Qodari. (ase)

ILUSTRASI - Pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019. (Grafis: TIMES Indonesia)

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Klaim kemenangan hasil Pemilu 2019 harus pastikan dari sikap KPU.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2019