Ditolak Ceramah di UGM, Fahri: Rektorat Ditekan dari Atas

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah membenarkan adanya penolakan dirinya berceramah di masjid kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia mendapatkan informasi penolakan karena rektorat mendapat tekanan.

BEM UGM Usul Adakan Kuota Tertentu dalam Program MBKM

"Benar ditolak katanya karena tekanan dari rektorat tapi saya dengar rektorat ditekan dari atas," kata Fahri melalui pesan singkat kepada VIVA, Kamis 24 Mei 2018.

Terkait alasan UGM yang menolaknya karena menghindari penceramah berpolemik, ia tak mau ambil pusing. Menurutnya, kampus itu merupakan tempat polemik. Kampus seharusnya menjadi wadah untuk menyampaikan pendapat.

UGM Buka Pendaftaran Bakal Calon Rektor 24 Januari 2022

"Kampus itu tempat polemik. Tempat pikiran disampaikan dengan merdeka. Bukan zaman melarang orang bicara," kata Fahri.

Sebelumnya, pihak UGM membatalkan secara sepihak jadwal ceramah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di masjid UGM. Seharusnya, Fahri menjadi pencaramah dalam salat Tarawih di masjid UGM pada Selasa, 22 Mei 2018.

Fakultas Psikologi UGM Rumuskan Rekomendasi Mitigasi Dampak Pandemi

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani mengatakan, pembatalan tersebut dilakukan setelah ada evaluasi bersama antara pihak pimpinan UGM dengan takmir masjid UGM.

Baca: UGM Tolak Fahri Hamzah Ceramah di Masjid Kampus

Dari evaluasi tersebut, ada kesepakatan untuk menghadirkan penceramah yang bisa memberikan kesejukan. Bukan sebaliknya, yang berpotensi menimbulkan polemik di masyarakat.

“Jadi memang ada kesepakatan bersama agar penceramah yang hadir itu tidak menimbulkan polemik di masyarakat,” kata Iva saat dikonfirmasi, Kamis 24 Maret 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya