AHY: Koalisi Pilpres Demokrat Masih Berkabut Tebal

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • Dok. Media Kogasma Demokrat

VIVA – Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, masih belum bersedia membuka arah koalisi politik Partai Demokrat pada Pemilu Presiden 2019 mendatang.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

Saat menjalani safari politik di Kota Medan dan sejumlah daerah di Sumatera Utara, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu mengatakan koalisi Demokrat belum ditentukan.

"Sama siapa kita koalisi? Tidak kita disampaikan malam ini. Saat Demokrat menentukan sikap dan ditunggu saja. AHY sudah ada gambaran AHY sulit memastikan itu," kata AHY di Acara Silaturahmi dan Diskusi Publik di Cafe Roda 3 di Medan, Selasa malam, 5 Juni 2018.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Namun begitu, AHY menjelaskan Partai Demokrat terus melakukan komunikasi politik dengan partai politik lainnya, meskipun luput dari pantauan media massa.

"Untuk koalisi menjadi perhatian luas publik, saat ini kabutnya masih tebal. Pada waktunya sudah dekat. Karena, masing-masing partai politik masing-masing memegang kartunya. Karena, segala sesuatunya bisa terjadi," ucap pria yang pernah mencalonkan diri sebagai Cagub DKI ini.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

Menurut Agus, setiap partai politik mempunyai kander unggulan yang akan diajukan sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden. Masing-masing partai masih berhitung dan saling mengunci calonnya masing-masing untuk Pilpres 2019 mendatang.

"Semuanya berhitung dan semuanya mengunci, boleh berkoalisi. Tapi, saya sebagai Capres ya atau Cawapres ya. Semakin ke sini semakin membingungkan apakah 2019 terjadi di 2014. Bisa iya dan bisa tidak," ungkap AHY.

Sebelumnya,  Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggelar safari Ramadan di Kota Binjai, Sumatera Utara, sempat mengenang dirinya saat menjadi Presiden 2004-2009 dan 2009-2014, meresmikan operasional proyek nasional yang ada di Sumatera Utara.

Mantan Presiden Ke-6 itu, mengatakan diri pernah meresmikan Bandara Kualanamu Internasional Airport di Kabupaten Deli Serdang, Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara hingga PLTA di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. SBY hadir di Binjai untuk berbagi kepada anak yatim piatu di Bulan Suci ini.

"Saya juga pernah berkunjung dua kali ke Kabanjahe melihat saudara kita yang menjadi korban bencana alam Gunung Sinabung. Bagi kami Sumatera punya kenangan yang manis dan indah. Kami berdoa provinsi Sumut yang kita cintai makin maju, masyarakatnya sejahtera, keamanannya semakin baik dan semuanya penuh berkah," kata SBY.

SBY yang didampangi istrinya, Kriatiani Herrawati, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), para pengurus Demokrat dan Pasalon nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas), mengaku punya kenangan sendiri bagi dirinya di Sumatera Utara, dan berbahagia bersama kembali ke Sumut.

Pada kesempan ini SBY mendoakan Edy Rahmayadi agar kiranya meraih kesuksesan, dalam pertarungan Pilkada Gubernur Sumatera Utara sebagi nomor urut 1 berpasangan dengan Musa Rajeck Shah.

"Adinda Edy Rahmayadi kiranya dirahmati Allah SWT. Dan semoga niat baik dan cita-cita luhurnya dikabulkan oleh Allah SWT," tuturnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya