Makna Pesan Amien Soal Kawan Berubah Arah, PAN: Itu Nasihat

Politisi senior PAN, Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Politikus senior, sekaligus pendiri Partai Amanat Nasional Amien Rais memberi pesan dari Mekah, Arab Saudi. Pesan itu disampaikan dalam video yang diunggah dalam Instagram pribadinya.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Dalam pesannya, Amien menyebut ada kawan yang berubah arah. Pesan ini yang kemudian menjadi pertanyaan banyak pihak, siapa kawan yang dimaksud berubah arah tersebut.

Dikonfirmasi hal itu, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo menjelaskan, Amien Rais adalah seorang politikus senior, sekaligus ulama yang sudah dikenal sejak dulu.

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

"Pak Amien sebelum mendirikan PAN itu dikenal sebagai ulama. Sahabat dan koleganya mengakui, ilmu agama Pak Amien sangat luas, mendalami berbagai mahzab, selain fasih berbahasa Arab. Beliau, Ketua Umum PP Muhammadiyah sebelum pak Syafii, Mas Dien (Din Syamsuddin), dan mas Haedar," jelas Dradjad, kepada VIVA, Rabu 6 Juni 2018.

Bagi Drajad, pesan yang disampaikan Amien di depan Kabah, hanya seperti memberi nasihat. Menurut dia, Amien memang rutin menjalankan umrah saat Ramadan. Bukan suatu yang mengherankan, bila Amien kemudian berdakwah.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

"Itu memberi nasihat umum, yaitu ada fenomena seperti yang beliau sebutkan dalam video. Intinya, agar orang tetap istiqomah dalam perjuangan," lanjut mantan Waketum PAN itu.

Terkait makna pesan Amien soal kawan berubah arah, Dradjad mengaku itu tak dikhususkan pada orang-orang tertentu. Ia mengakui, hanya bersifat umum saja.

"Siapakah pihak tertentu yang dimaksud? Saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Karena, saya merasa video tersebut sifatnya umum, tidak merujuk kepada siapapun juga," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya