Amien Rais Siap Nyapres, Bagaimana Nasib Zulkifli Hasan?

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) berbincang dengan Amien Rais (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Dua bulan menjelang pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Presiden 2019, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Amien Rais membuat manuver. Kali ini, Amien yang juga Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut menyatakan siap maju sebagai bakal capres dari partainya.

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Kesiapan Amien ini menjadi pertanyaan karena PAN sudah jauh-jauh hari mencalonkan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan sebagai bakal capres. Hal ini merujuk Rapat Kerja Nasional III di Bandung, Jawa Barat, Agustus 2017 lalu.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Saleh Daulay mengatakan, Zulkifli tetap masih jadi salah satu capres potensial dari PAN.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Zulkifli Hasan tetap salah satu calon potensial yang diusung dan ditawarkan. Beliau kan sudah ditetapkan dalam Rakernas PAN. Keputusan Rakernas itu masih berlaku hingga sekarang," kata Saleh kepada VIVA, Minggu, 10 Juni 2018.

Saleh menjelaskan, dinamika politik saat ini, elite PAN menawarkan nama-nama kader lain yang mumpuni. Menurut dia, ada empat nama yang layak dan berpotensi yaitu Zulkifli Hasan, Sutrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Amien Rais.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

"Di PAN tak ada pertentangan soal capres dan cawapres tersebut. Semua diserahkan kepada mekanisme yang ada. Ya, di Rakernas nanti akan dibicarakan lagi lebih detail," ujarnya menjelaskan.

Amien Rais mau jadi capres Pemilu 2019

Baca: Amien Rais Siap Nyapres, PDIP: Sebaiknya Duet dengan Prabowo

Sementara, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Drajad Wibowo menyebut, ada alasan empat nama termasuk Amien dimunculkan jelang Rakernas PAN. Menurut dia, nama Amien harus dimasukkan sebagai kandidat untuk menyemangati kader-kader PAN.

"Jadi, nama keempatnya dimunculkan menjelang rakernas karena kurang cantik kalau nama Pak Amien tidak masuk," ujar Drajad dikonfirmasi terpisah.

Dia mencontohkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merekomendasikan 9 nama kadernya untuk disandingkan dengan bakal capres dari Gerindra. Bagi dia yang mewakili PAN, internal partainya juga punya kader yang potensial untuk diusung.

"Gampangnya begini. PKS kan punya 9 capres/cawapres. Nah, PAN juga punya stok kader yang sangat bagus. Ada empat figur yang pernah ketum dan mantan ketum," ujarnya.

Baca: PAN Sebut Amien Rais Solusi Capres 2019 Penantang Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya