Nasdem Dukung Angket Penunjukan Iriawan Pj Gubernur Jabar

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate
Sumber :

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menyayangkan kebijakan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menunjuk Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat. Penunjukan membuat kegaduhan politik di Jabar yang hendak melaksanakan Pemilihan Gubernur.

Megawati Singgung Netralitas TNI Polri, Iwan Bule Sindir Balik

"Nasdem menyesalkan keputusan pengangkatan Penjabat Gubernur Jawa Barat yang menimbulkan kekisruhan politik di Jabar pada saat menjelang Pilkada," kata Plate lewat pesan tertulisnya pada Selasa, 19 Juni 2018.

Dia mengingatkan, rencana penunjukan ini sempat mendapat tentangan dari masyarakat luas. Kementerian Dalam Negeri seharusnya bisa menghindari kekisruhan seperti itu. Soalnya arus penolakan dari masyarakat cukup kuat beberapa waktu lalu.

Elektabilitas Naik, Gerindra Diuntungkan dengan Iwan Bule sebagai Caleg di Jabar

Meskipun dikenal sebagai partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo, Nasdem mendukung wacana pengajuan hak angket atas penunjukan petinggi Polri dalam jabatan publik itu. Plate menjelaskan, hak angket adalah tindakan koreksi jika terdapat penyimpangan prosedural administratif.

"Sejauh untuk meminta keterangan dan mendapatkan keterangan yang utuh dari pemerintah, maka Fraksi Nasdem mendukung penggunaan hak interpelasi atau angket terbatas oleh DPR RI," katanya.

Iwan Bule, Jenderal Polisi Humanis yang jadi Caleg Jagoan Gerindra dari Dapil Jabar

Partai lain pendukung pemerintah, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tak mempermasalahkan dan justru membela kebijakan Tjahjo. Sekretaris Jendeal PKB, Abdul Kadir Karding, meyakini Tjahjo sudah memiliki pertimbangan matang saat memilih Iriawan.

"Saya kira Mendagri sudah punya pertimbangan yang matang kenapa pilih Pak Iriawan, dan Kapolri juga telah memperhitungkan segala sesuatunya," kata Karding.

Prabowo Subianto bersama pemain sepak bola dan para petinggi

Jubir TKN Ungkap Janji Prabowo yang Ditepati untuk Sepak Bola Indonesia

Atensi Prabowo Subianto pada kemajuan dunia olahraga, khusus sepakbola Tanah Air telah ditunjukkannya sejak dulu, jauh sebelum ia berlaga di Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024