Survei: Jokowi Kalahkan Prabowo di Jabar dan Jateng

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari saat menyampaikan hasil survei.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Hasil survei terbaru Indo Barometer menunjukkan Joko Widodo mengalahkan Prabowo Subianto di Jawa Barat dan Jawa Tengah dalam Pemilihan Presiden. Di Jabar, Jokowi mendapat suara sebanyak 33,6 persen dan di bawahnya adalah Prabowo yang meraih 22,8 persen.

Survei Indo Barometer: Prabowo-Gibran Masih Unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin

Sementara nama-nama capres selanjutnya hanya mendapat suara 1,5 persen ke bawah. Kemudian terdapat 40,6 persen yang tidak memilih atau juga tidak menjawab.

"Dari pertanyaan terbuka, nama calon presiden yang banyak dipilih di Provinsi Jawa Barat adalah Joko Widodo 33,6 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari di Senayan, Jakarta, Rabu 20 Juni 2018.

Prabowo-Gibran Bisa Menang Satu Putaran Versi Indo Barometer, Begini Analisisnya

Seperti di Jabar, Jokowi juga unggul atas Prabowo di Jawa Tengah. Jokowi mendapat suara sebanyak 71 persen dan diikuti Prabowo 11,6 persen, Anies Baswedan 0,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 0,5 persen, Susilo Bambang Yudhoyono 0,4 persen dan sebagainya.

"Mayoritas responden di Jawa Tengah menginginkan Jokowi kembali menjadi presiden," ujar dia.

Survei Ungkap Pilpres 2024 Berpotensi Satu Putaran, Cak Imin Sebut Penggiringan Opini

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 27 kabupaten/kota di Jabar dan 800 responden di 35 kabupaten/kota Jateng. Metode penarikan sampel yang digunakan di Jabar adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Kemudian metode penarikan sampel yang digunakan di Jateng adalah multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Di dua provinsi ini sama-sama menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri ATR/BPN

Qodari Sebut Langkah AHY Jadi Menteri Tepat, Selama Ini Dinilai Cuma Modal Tampang

Jabatan Menteri ATR/BPN yang diemban Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai bakal melengkapi kekurangan pengalaman AHY di bidang pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2024