Survei: Elektabilitas Duo DM Tinggalkan Asyik dan Hasanah

Debat Pilkada Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA - Enam hari lagi masyarakat Jawa Barat akan memilih calon gubernurnya di Tempat Pemungutan Suara. Hasil survei Tiga Roda Konsultan (RTK), pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM) unggul tipis dari pasangan Ridwan Kamil-UU Ruhzanul Ulum (Rindu) secara elektabilitas kandidat.

Ridwan Kamil Teratas, Airin-Desy Ratnasari Kejutan di Pilkada Jabar

"29,9 persen responden memilih Duo DM. 28,6 persen memilih pasangan Rindu," kata Direktur Riset RTK, Rikola Fedri, saat menyampaikan hasil survei Pilkada 4 Provinsi di kawasan Fatmawati, Jakarta, Jumat, 22 Juni 2018.

Dua pasangan tersebut meninggalkan jauh dua pasangan lainnya. Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) hanya memperoleh 4,2 persen. Menang sangat tipis dari pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) yang memperoleh dukungan 4,2 persen responden.

Nasdem Jagokan Sahrul Gunawan untuk Menangkan Pilkada 2020

Namun, meski elektabilitas pasangan Duo DM unggul dari pasangan Rindu, dalam survei top of mind keduanya seimbang. Dua DM 21,0 persen, Rindu 21,0 persen, dan Asyik 3,9 persen.

Sedangkan pasangan Hasanah 2,9 persen. Yang merahasiakan 10,3 persen dan yang belum menjawab 41,1 persen.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

"Besarnya masyarakat yang masih belum menentukan pilihan bisa menjadi partai politik dan tim sukses untuk menentukan kemenangan. Ini menjadi PR besar," tutur Rikola.

Survei ini dilakukan pada 28 Mei sampai 2 Juni 2018, dengan jumlah responden sebanyak 1200, di mana tingkat kepercayaan mencapai 95% dan margin of error mencapai 2,9 persen. Survei menggunakan metode stratified systemic random sampling. (mus)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Iwan Bule

'Akan Istikharah', Kode Keras Iwan Bule Siap Maju di Pilkada Jabar

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menunjukkan isyarat atau kode keras untuk maju dan berkompetisi dalam pilkada Jawa Barat pada tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2022