Duet Independen Sindir Petahana Beruntung karena Alex Nurdin

Pasangan petahana Pilwakot Palembang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana

VIVA – Pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Palembang 2018 Muhammad Akbar Alfaro-Hernoe Roespriadji menyindir kandidat petahana, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda. Duet petahana dinilai beruntung karena memimpin di era Gubernur Alex Nurdin.

Sejumlah Tenda TPS di Sumsel Ambruk Diterjang Angin

Bagi Akbar Alfaro-Hernoe, keberuntungan Harnojoyo karena memimpin Palembang ketika Provinsi Sumatra Selatan dipimpin Gubernur Alex Noerdin.

"Pembangunan di kota Palembang harus kita akui sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ini semua karena peran serta Gubernur Alex Noerdin. Wali Kota cuma beruntung," kata Akbar Alfaro, pada debat kandidat Pilkada Palembang di Hotel Aston, Jumat malam, 22 Juni 2018.

Pilkada Sumsel, Bawaslu Catat 20 ASN Diduga Langgar Netralitas

Menurut Akbar, mayoritas pembangunan di Kota Palembang tidak terlepas dari tangan dingin Alex Noerdin. Di masa kepemimpinannya, mantan Bupati Kabupaten Musi Banyuasin itu sanggup mempercepat pembangunan di Bumi Sriwijaya.

Akbar Alfaro juga angkat topi dengan trik Alex Noerdin yang menjadikan Provinsi Sumatra Selatan, khususnya Kota Palembang, sebagai kota olahraga. Hal ini merujuk banyak infrastruktur yang dibangun guna menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

Debat terakhir Pilwakot Palembang

Untuk mendukung dan agar pelaksanaan berjalan sukses, pembangunan di Palembang tak hanya mengenai venue olahraga, tapi banyak infrastruktur lain yang dibangun.

Salah satunya Light Rail Transit atau LRT. Karena LRT, Kota Palembang tercatat sebagai yang pertama memiliki kereta ringan di perkotaan itu sebagai moda transportasi massa. Adanya LRT juga karena untuk menyukseskan Asian Games.

"Jadi untuk pembangunan di Palembang itu lebih banyak dilakukan Pemerintah Provinsi. Pemerintah Kota kena imbas baiknya," ungkap Akbar Alfaro.

Sementara itu, Harnojoyo mengakui jika andil Pemeritah Provinsi cukup besar dalam pesatnya pembangunan di Kota Palembang. Meski demikian, peran Pemerintah Kota Palembang tidak bisa dikesampingkan dari sejumlah pembangunan infrastruktur.

"Ini bukti, jika Pemerintah Kota Palembang mampu bersinergi baik dengan pemerintah pusat dan provinsi. Namun perlu diketahui Pemerintah Kota Palembang sangat andil besar dalam setiap pembangunan yang ada," kata Harno.

Dia mengungkapkan peran serta Pemerintah Kota Palembang dalam pembangunan Kota Palembang di antaranya ialah Jembatan Musi IV, Musi VI, flyover Simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan Keramasan.

"Semua telah dianggarkan Pemerintah Kota Palembang untuk pembebasan lahan, sehingga berjalan dengan baik. Akhirnya Pemerintah Pusat mau mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur," ujar Harno. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya