Survei Poltracking Menangkan Khofifah-Emil

Cagub dan Cawagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Dardak (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA - Hasil survei Poltracking terbaru yang dilakukan pada 18-22 Juni 2018, memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, dalam Pilkada Jawa Timur. Dari hasil survei yang dilakukan, pasangan Khofifah-Emil meraih 51,8 persen.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Sementara pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno sebesar 43,5 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan sebesar 4,7 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan survei ini sangat kuat karena baru dilakukan hari kemarin. Proses pengumpulan dan analisa datanya, baru selesai pada Jumat malam tadi, 22 Juni 2018.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Selain itu, data juga lebih akurat karena responden yang diambil adalah mereka yang memiliki hak suara dan sudah pasti mencoblos.

"Sampel kami itu berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap)," kata Hanta, dalam pemaparan survei di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Sabtu, 23 Juni 2018.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Survei ini dianggap lebih kuat, karena dilakukan di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur. Ada 1.200 responden dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur. Sementara margin of error dari pasangan ini adalah 2,8 persen.

Hanta menjelaskan tren kedua pasang calon memang semakin naik. Namun, tren naik Khofifah belum bisa terkejar oleh Ipul-Puti.

"Dari hasil survei Khofifah-Emil diprediksi akan unggul di Pilkada Jatim tapi dengan jarak yang tidak begitu tebal. Dari survei selisihnya 8 persen," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya