Lawan Ganjar, Sudirman Said Didukung 1000 Advokat

Sudirman Said-Ida Fauziah
Sumber :
  • ANTARA Foto/Mohammad Ayudha

VIVA – Dua hari jelang pencoblosan Pilgub Jawa Tengah, pasangan calon nomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah mendapat dukungan dari para advokat. Mereka datang dari berbagai lembaga untuk mengawal perkara hukum saat dan setelah hari pencoblosan.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Para relawan yang bekerja sebagai pengacara ini mengklaim beranggotakan 1000 orang advokat asal berbagai daerah di Indonesia. Dukungan itu disampaikan langsung di kantor relawan pemenangan Sudirman-Ida di Semarang, Senin, 25 Juni 2018.

Sunarto selaku inisiator gerakan mengungkapkan, jika dukungan penuh tersebut lantaran menginginkan Pilgub Jateng yang jujur dan adil. Ia menengarai bahwa Pilgub Jateng berpotensi kecurangan dan pelanggaran. Terlebih saat paslon Sudirman-Ida menghadapi calon petahana Ganjar Pranowo.

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

"Kami fokus masalah hukum. Di mana hak-hak konstitusi warga harus ditegakkan. Jangan ada intimidasi atau intimidasi saat warga ingin berikan hak suaranya," kata Sunarto.

Menurut dia, dukungan tersebut juga demi menjaga perolehan suara Sudirman-Ida agar dapat dimaksimalkan. Ia menambahkan rekan-rekannya sesama pengacara sudah menyebar di 29 kabupaten dan enam kota di Jawa Tengah.

Sudirman Said soal Rencana Pertemuan JK-Megawati: Itu Pribadi, Kita Tak Bisa Cawe-cawe

"Kita bentuk tim di setiap daerah, mulai advokat senior hingga advokat muda. Kami akan data terkait pelanggaran; pelanggaran administrasi, pidana, maupun kode etik," ujarnya.

Barisan advokat siap dukung Sudirman Said

Foto: Barisan relawan siap kawal Sudirman Said-Ida Fauziah. VIVA.co.id/Dwi Royanto

Namun demikian, pihaknya tidak secara gamblang menyebutkan terkait pendampingan pekara hukum yang selama masa kampanye menimpa Sudirman-Ida. Terakhir, timses paslon yang diusung Gerindra, PAN, PKS, PKB itu melaporkan akun penyebar fitnah terhadap Sudirman-Ida ke Polda Jateng.

Advokat lain Joko Sutrisno menambahkan, jika penggalangan 1000 advokat itu untuk benar-benar memberikan respons cepat terhadap isu hukum yang diarahkan ke Sudirman-Ida. Ia tak ingin penggiringan opini dibangun kelompok tertentu seperti yang terjadi di Pilgub DKI.

"Dukungan ini tidak hanya di Jateng saja. Tapi rekan-rekan kami di seluruh Indonesia. Kalau ada apa-apa, meeka siap membela Sudirman-Ida di Jateng," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya