Intip Rekam Jejak Tiga Calon Penguasa Kalbar

Cagub Kalbar Sutarmidji (kiri) bersama Cagub Kalbar Karolin Margret (tengah) dan Cagub Milton Crosby
Sumber :
  • VIVA/Aceng Mukaram

VIVA – Tiga pasang calon gubenur dan wakil gubernur akan memperebutkan sekitar 3,4 juta suara pemilih warga Kalimantan Barat, Rabu, 27 Juni 2018. Kalbar merupakan salah satu dari 171 daerah yang memilih calon kepala daerah di Pilkada serentak 2018.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

Tiga pasangan calon yang akan bertarung memperebutkan kursi Kalbar-1 adalah Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, Sutarmidji-Ria Norsan, dan Milton Crosby-Boyman Harun. Berikut rekam jejak singkat tiga pasangan calon.

- Karolin-Gidot

Pilkada ala Orba

Melihat rekam jejak tiga pasangan calon ini, publik mungkin menyoroti duet Karolin Margret-Gidot. Pasangan yang diusung koalisi PDIP-Demokrat dengan 47 kursi ini terdapat figur Karolin yang merupakan mantan anggota DPR serta eks Bupati Landak.

Namun, publik tak bisa melepaskan Karolin sebagai putri dari eks Gubernur Kalbar dua periode Cornelis. Awal Januari 2018, masa jabatan Cornelis berakhir sebagai Gubernur Kalbar.

Jagoannya Tak Juga Dilantik, Pendukung Ngamuk di Kantor Bupati Talaud

Karier politik ayah anak ini pun hampir sama. Merintis dari PDIP, kemudian pernah sama merasakan menjabat Bupati Landak. Isu mencuat majunya Karolin di Pilgub Kalbar sebagai upaya Cornelis mempertahankan kepemimpinannya.

Pasangan dari Karolin adalah Suryadman Gidot yang merupakan mantan Bupati Bengkayang. Berlatar belakang birokrat, pria 47 tahun ini dinilai cocok mendampingi Karolin. Saat menjalankan periode kedua sebagai Bupati Bengkayang, Gidot dipilih maju ke Pilgub Kalbar. Duet Karolin-Gidot berada di nomor urut dua.

Duet Karolin Margret Natasa Suryadman Gidot

Foto: Duet Karolin-Gidot yang diusung PDIP, Demokrat di Pilgub Kalbar.

-Sutarmidji-Ria Norsan

Karier moncer mengantarkan figur Sutarmidji bertarung ke Pilgub Kalbar. Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini punya pengalaman yang membuat citra positif di mata warga Kalbar.

Pengalaman sebagai anggota DPRD Kota Pontianak hingga Wakil Wali Kota Pontianak menjadi kelebihan Sutarmidji. Figur ini juga dianggap bersih dengan deretan penghargaan tingkat nasional dan internasional.

Sebagai kepala daerah, sosok Midji, demikian sapaannya, dekat dengan semua lapisan warga Kalbar. Beberapa survei mengunggulkan duet Midji dengan Ria Norsan menang di Pilgub Kalbar.

Nama Ria Norsan yang menjadi pendamping Sutarmidji mungkin belum dikenal. Namun, eks Bupati Mempawah dua periode ini punya catatan yang tak bisa diremehkan. Ia dianggap sebagai kepala daerah yang mampu mengangkat Mempawah, daerah kelahirannya.

Duet Sutarmidji-Ria Norsan diusung Golkar, Nasdem, PKB, PKS, Hanura dengan jumlah 21 kursi. Pasangan ini berada di nomor urut tiga.

- Milton Crosby-Boyman Harun

Pertarungan Pilgub Kalbar bisa dikatakan merupakan persaingan kepala daerah yang ingin loncat ke jenjang lebih tinggi. Milton Crosby merupakan mantan Bupati Sintang dua periode dari 2005 sampai 2015.

Politikus Gerindra ini punya pengalaman sebagai birokrat mulai Camat Pamuar (1993-1994) lalu Kepala Bagian Ekon Sintang (1997-2005). Punya pengalaman sebagai kepala daerah, Milton diusung Gerindra dan PAN dengan 13 kursi.

Untuk pendamping Milton, koalisi Gerindra-PAN memilih Boyman Harun. Pria kelahiran Ketapang, 53 tahun lalu itu pernah menjabat Wakil Bupati Ketapang masa jabatan 2010–2015. Duet Milton-Boyman punya nomor urut satu di kertas suara Pilgub Kalbar.

Baca: Pilkada Rasa Keluarga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya